Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Syarat untuk Ikut Lelang Jabatan Sekda Jepara

0 373

MuriaNewsCom, Jepara –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, akan segera melakukan pengisian jabatan penting dalam waktu dekat ini. Jabatan tersebut adalah untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda), yang dipastikan akan segera ditinggalkan pejabat saat ini.

Karena memasuki masa pensiun, Sholih yang saat ini menjabat sebagai Sekda Jepara, harus segera dicarikan gantinya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara,  Diar Susanto membenarkan hal ini. Menurutnya, Sholih akan segera menjalani masa pensiun pada 1 Mei 2019 mendatang.

Sehingga memang harus dijalankan mekanisme untuk mencari pejabat pengganti dirinya. Sesuai dengan aturan yang berlaku, untuk jabatan Sekda akan dilakukan lelang jabatan.

Sedangkan untuk persyaratan formal bagi calon penggantinya biasa berkaitan dengan masalah usia dan golongan pegawainya.

Untuk posisi Sekda yang nantinya masuk dalam Eselon II A. Maka syarat bagi calon yang akan menggantikannya harus sudah memiliki Eselon IIB. Di kalangan pejabat lingkungan Pemkab Jepara, untuk syarat ini semua kepala dinas dan badan sudah bisa memenuhinya.

“Jadi ya memang kalau dari kalangan Pemkab Jepara, ada beberapa yang memenuhi syarat formal. Tinggal nanti melamar, mengikuti tahapannya dan menunggu hasil dari Tim Pansel yang sudah dibentuk,” ujar  Diar Susanto, Rabu (6/2/2019).

Baca : Sholih Segera Pensiun, Jabatan Sekda Jepara Bakal Dilelang

Sementara itu, Sekda Jepara Sholih menyatakan, nantinya mereka yang mendaftarkan diri dalam proses lelang jabatan akan melalui beberapa tahapan.

Di antaranya tahapan semacam feet and propertest yang dilaksanakan oleh lembaga yang kompeten di BKD Jawa Tengah atau BKN. Setelah lolos, maka tahapan selanjutnya adalah tes wawancara dan presentasi di hadapan Tim Pansel yang sudah dibentuk.

Dari proses itu nanti akan dipilih 3 orang yang berhak maju ke tahapan selanjutnya. Pada tahap akhir, dari 3 orang yang sudah lolos, akan dipilih salah satu oleh bupati Jepara secara langsung.

“Jadi untuk tim seleksi nantinya hanya sampai pada 3 orang yang dinyatakan memenuhi syarat. Pilihan terakhir akan dilakukan oleh bupati Jepara sendiri. Siapa yang akan terpilih dari 3 orang itu, nantinya ada ditangan bupati Jepara,” tegasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.