Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Lokasi Banjir Ini, Warga Pati Gelar Festival Dayung Perahu

MuriaNewsCom, Pati – Warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen mengadakan festival mendayung perahu di areal persawahan yang tergenang banjir, Selasa (5/2/2019). Festival tersebut selain untuk meringankan beban, juga sebagai upaya warga untuk menghibur diri.

Kepala Desa (Kades) Pasuruhan Warsito mengatakan, lahan sawah yang tergenang banjir ada ratusan hektare. Sudah sebulan ini tergenang, sehingga pihaknya berinisiatif untuk mengadakan festuval dayung perahu.

“Pesertanya adalah warga sekitar sendiri. Untuk perahunya adalah milik warga yang biasa digunakan transportasi saat banjir,” katanya.

Sementara jarak tempuh dayang dalam festival tersebut adalah sepanjang 500 meter. Sebagian dari peserta ada yang mencapai finish, namun ada juga yang belum sampai, lalu kembali ke posisi start.

“Lomba ini kan memang dadakan, jadi ya semampunya saja. Yang penting pelaksanaan bisa meriah,” ungkapnya.

Untuk lokasi yang terdampak banjir, lanjut Warsito, diperkirakan mencapai 300 hektare lahan sawah. Menurutnya, sudah sebulan ini banjir itu menggenangi sawah warga.

“Lama genangan, paling cepat biasanya 4 bulan. Kalau paling lama 7 bulan. Karena itu, kami berupaya memanfaat musibah ini agar derita kami tidak berlarut-larut,” tandas Warsito.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...