Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lewat Kejar-kejaran Sengit, Komplotan Pembobol ATM Disergap di Boyolali

0 1.581

MuriaNewsCom, Boyolali – Empat orang terduga pelaku pembobolan ATM disergap oleh tim gabungan di di kawasan pintu keluar tol Ngemplak Kabupaten Boyolali, Selasa (5/2/2019). Penangkapan komplotan ini melalui aksi kejar-kejaran yang sengit.

Keempat pelaku tersebut yakni Syahril (30) warga Tanggamus, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lampung Barat. Agus Setyawan (22), warga Kapuran, Kecamatan Kota Agung. Kemudian Rudi Hermawan (35), warga Tumpang, Ponco Kusumo, Kabupaten Malang dan Andika Stevan (28) warga Ranca Belut, Cimahi Tengah, Kabupaten Cimahi.

Polisi mengejar para pelaku sejak dari Jawa Timur. Pasalnya, para pelaku langsung kabur dari mobilnya saat mengetahui kedatangan petugas. Bahkan, satu pelaku masuk rumah penduduk dan sembunyi di plafon rumah.

Kasat Reskrim Polres Boyolali AKP Willy Budiyanto menyebut, keempat pelaku akhirnya dapat ditangkap dan ke anggota Reskrim Polres Trenggalek Polda Jatim.

“Kami hanya mendukung penangkapan anggota Satuan Reskrim Polres Trenggalek. Keempat pelaku sudah diserahkan ke anggota Polres Trenggalek,” kata Willy kepada wartawan.

Proses penangkapan pelaku pembobolan ATM setelah melalui aksi kejar-kejaran di tol hingga perkampungan. (istimewa)

 

Willy mengatakan kejadian tersebut berawal ada informasi pengejaran pelaku pencurian dengan pemberatan yang dilakukan anggota Polres Trenggalek di Jalan Tol Solo-Ngawi. Anggota Polres Boyolali langsung menuju ke pintu Tol Ngemplak.

Sekitar pukul 05.00 WIB, anggota SPK dan Reskrom Polsek Ngemplak langsung melakukan penghadangan di pintu Tol Ngemplak.

Saat itu para pelaku yang menggunakan mobil bernomor polisi D 1750 SAM sudah berada di pintu tol. Mobil yang ditumpangi keempat pelaku tertahan di pintu keluar tol. Pintu tol sengaja dibuat tak bisa terbuka agar mobil pelaku tidak bisa kabur.

Petugas kemudian mendatangan mobil pelaku. Namun keempatnya orang langsung keluar kabur ke perkampungan penduduk. Polisi langsung mengejar dan dibantu oleh warga, akhirnya keempatnya dapat ditangkap.

“Mengetahui kedatangan petugas, keempat pelaku langsung keluar dari mobil dan kabur ke perkampungan penduduk,” jelasnya.

Dua pelaku berhasil ditangkap di Jalan Dukuh Menggungan, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Tepatnya di belakang Balai Desa di bawah jalan tol. Seorang pelaku ditangkap di batas kota wilayah Dukuh Menggungan.

Sedangkan seorang pelaku lainnya ditangkap di dalam rumah warga. Pelaku tersebut kabur dan masuk rumah warga serta sembunyi di plafon.

Penangkapannya pun cukup tegang karena informasinya pelaku tersebut membawa senjata api.  “Setelah diberi tembakan peringatan, akhirnya pelaku berhasil kami tangkap,” ujarnya.

Dari penangkapan tersebut, petugas juga menyita sejumlah barang bukti. Antara lain, sejumlah obeng dan uang jutaan rupiah serta mobil.

“Informasinya kelompok ini kemarin beraksi di Trenggalek. Para pelaku merupakan spesialis curat ATM Bank Jatim di Trenggalek dan enam Polres di Jatim. Sasarannya ATM Bank Jatim,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.