Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Klenteng Hok Hien Bio Tak Gelar Kegiatan Seni Pada Perayaan Tahun Baru Imlek, Puluhan Warga Kecele

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan warga sekitar Kudus memadati kompleks Klenteng Hok Hien Bio yang terletak di Jalan Ahmad Yani nomor 10 Kudus, Selasa (5/2/2019). Mereka mengira di klenteng tersebut ada kegiatan kesenian atraksi barongsai saat perayaan tahun baru imlek 2569.

Dari pantauan MuriaNewsCom, puluhan orang terlihat berada di depan klenteng. Mayoritas mereka bersama anak-anaknya menunggu kegiatan kesenian dari klenteng tersebut. Tak sedikit, ada beberapa orang yang masuk menanyakan apakah ada kegiatan kesenian kepada penjaga klenteng.

Salah satu warga Rina asal Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu sengaja datang ke komplek Klenteng Hok Hien Bio Kudus. Ia mengira ada kegiatan kesenian yang diselenggarakan klenteng tersebut.

” Ya ini ngajak anak, mau lihat atraksi barongsai. Tapi ini kok belum kunjung ada,” terangnya, Selasa (5/2/2019).

Ia mengatakan, biasanya setiap tahun saat perayaan tahun baru imlek identik dengan atraksi barongsai. Maka dari itu, ia bersama anak-anaknya datang ke Klenteng Hok Hien Bio.

“Biasanya ada atraksi barongsai. Ada kirab kesenian dari klenteng. Nah ini kok ndak ada,” jelasnya.

Senada juga diungkapkan oleh Pujiningsing warga Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu. Ia bersama anaknya sengaja datang ke klenteng. Ia bersama anakanya berkeinginan untuk melihat atraksi barongsai.

“Ya ini kan libur. Anak saya pengen nonton atraksi barongsai. Tapi sampai jam 11 kok belum ada kegiatan,” jelasnya.

Banyaknya orang menunggu mengira di Klenteng ada kegiatan seni. Akhirnya dari pihak Klenteng Hok Hien Bio membuat semacam pengumuman. Dipengumuman tersebut dituliskan bahwa di Klenteng Hok Hien Bio tidak ada kegiatan kesenian pada perayaan tahun baru imlek 2569.

Kundori penjaga Klenteng Hok Hien Bio membenarkan bahwa diperayaan tahun baru imlel 2569 tahun ini, pihak klenteng tidak menggelar semacam kegiatan seni. Ia mengaku tahun ini dikemas dalam bentuk sederhana.

“Hanya saja pada saat malam pergantian tahun baru diisi dengan ibadah. Tadi malam kegiatannya sembahyang pada pergantian malam tahun baru imlek,” jelasnya.

Ia mengatakan, meskipun demikian pelaksanaan pergantian tahun baru imlek terasa khidmat. Para jamaah dari Kudus antusias melaksanakan perayaan tahun baru imlek.

“Sekitar ada 75 jamaah tadi malam yang melaksanakan perayaan pergantian tahun baru imlek,” terangnya.

Salah satu jamaah Budiman (65) warga Tumpangkrasak Kecamatan Jati mengatakan dipergantian tahun baru imlek ini, ia berharap mendapatkan berkah. Dijauhkan dengan bencana.

“Kami harapkan dipergantian tahun baru imlek ini diberikan berkah. Dijauhkan dari bencana,” terangnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...