Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kepincut Keindahan Panorama Waduk Logung, Puluhan Warga Terobos Area Operasional

0 1.049

MuriaNewsCom, Kudus – Warga di sekitar Bendungan Logung, perbatasan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, nampaknya mulai tak sabar untuk menikmati panorama di bendungan tersebut. Mereka berusaha menerobos area operasional beberapa pekan terakhir. Tak jarang juga banyak dijumpai para wisatawan bermobil dari berbagai daerah.

Dari pantauan MuriaNewsCom, intensitas warga yang datang ke area proyek dan ingin masuk bisa dikatakan sangat sering. Mereka silih berganti datang dan silih berganti pula ditolak oleh pihak keamanan Bendungan Logung. Penjagaan di Logung bisa dikatakan sangat ketat.

Koordinator lapangan Dorlanda Sinaga dan Irwan Nur, membenarkan fenomena tersebut. Ia mengatakan dengan keindahan Logung yang mulai tersebar di media sosial, memungkinkan warga sekitar  penasaran dan ingin masuk. Padahal Logung saat ini merupakan obyek vital yang belum bisa dimasuki orang umum.

“Belum bisa dimasuki untuk umum,” ucapnya saat ditemui di lokasi bendungan.

Pintu area operasional bendungan pun selalu ditutup rapat. Sebuah pengumuman berisi area operasional bukan untuk umum juga sudah dipasang. Namun masih saja banyak warga yang mendatangi tempat tersebut.

”Warga berusaha mendekat bendungan setiap hari,” katanya.

Dorlanda merinci, kebanyakan warga mendekati area genangan melalui Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe. Ada juga yang  melewat area ladang  di sebelah selatan bendungan.

”Jumlahnya kalau dihitung mencapai ratusan orang,” tuturnya.

Irwan menyambung, beberapa waktu lalu juga dijumpai seorang ibu sambil menggendong anaknya berusaha untuk masuk. Ia berusaha mendekat ke jalan inspeksi bendungan. Ibu  tersebut nekat menaiki 300 anak tangga yang jika ditarik garis vertikal, jarak dasar dam dengan jalan inspeksi setinggi 140 meter.

”Saat kami tanya ibu tersebut mengatakan penasaran dengan pemandangan di Bendungan Logung,” jelasnya.

Irwan Nur sekali lagi menegaskan kawasan operasional Bendungan Logung di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo merupakan objek vital. Sesuai aturan, selain petugas dan pihak yang sudah mengantongi izin, dilarang memasuki area tersebut.

Penerapan aturan ditujukan untuk meminimalisir potensi gangguan terkait keberadaan bendungan yang dapat berdampak masyarakat banyak. Kebijakan sesuai Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 2004. Sementara untuk lokasi pengembangan wisata dalam waktu dekat akan diarahkan ke Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe.

”Mungkin karena objek wisata masih diproses, warga berusaha mendatangi area operasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Jalal salah satu pengunjung mengatakan jika dirinya kecele. Banyak yang mengatakan jika Bendungan Logung sudah bisa dikunjungi. Namun pada kenyataannya tempat tersebut justru tidak dibuka untuk umum.

“Sudah banyak yang foto, banyak yang bilang bisa ke sini, ya sudah saya ke sini,” ucapnya.

Keadaan Bendungan Logung sendiri kini sudah mulai terisi penuh airnya. Elevasi maksimal yakni berada di angka 93 akan segera mencapai target. Ini berkat bantuan hujan yang sering menerpa Kabupaten Kudus beberapa pekan terakhir.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.