MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tekan Angka Golput, Puluhan Relasi KPU Grobogan Mulai Blusukan

0 263

MuriaNewsCom, GroboganSetelah dilantik beberapa hari lalu, relawan demokrasi (relasi) mulai terjun ke lapangan untuk menggugah kesadaran warga agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. Jumlah relasi KPU Grobogan ini sebanyak 55 orang.

Dari pantauan di lapangan, para relawan ini ada yang melakukan tugasnya secara individu dan kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Mereka melakukan sosialisasi terhadap berbagai elemen masyarakat. Antara lain, tukang becak, tukang parkir, pelajar SMA yang sudah punya hak pilih atau pemilih pemula, kelompok arisan, penyandang, PKL, hingga penyandang difabel.

Selain meminta menggunakan hak pilihnya, relawan juga memperlihatkan sampel surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019 mendatang. Jumlahnya ada lima surat suara. Yakni, surat suara DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpres.

Komisioner KPU Grobogan Ngatiman menyatakan, anggota relasi yang direkrut terbagi dalam 11 basis atau segmen. Yakni, keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, relawan demokrasi dan warganet.

“Setelah mendapat pembekalan, anggota relasi memang langsung diminta terjun ke lapangan. Selain perorangan, mereka juga melakukan tugas bersama basisnya masing-masing,” katanya.

Ia mengungkapkan, program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Partisipasi pemilih memang cenderung mengalami penurunan, mulai dari pemilu 2004 sampai pileg 2014. Untuk itu, kita siapkan tenaga relasi sebagai salah satu upaya meningkatkan angka pastisipasi pemilih,” ungkapnya.

Menurutnya, para relawan ini nantinya akan jadi salah satu ujung tombak KPU dalam sosialisasi program Pemilu 2019. Harapannya, dengan dukungan relawan ini, target tingkat partisipasi pemilih secara nasional sebesar 77,5 persen bisa tercapai.

“Upaya untuk menekan golput atau meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 ini jadi tugas bersama. Salah satunya adalah dari rekan-rekan relawan ini,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.