MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

BNN Jateng Sita Rp 4,8 Miliar Hasil Pencucian Uang Narkoba

0 291

MuriaNewsCom, Semarang – Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah mengamankan uang hasil kejahatan narkoba sebesar Rp 4,8 miliar. Uang ini kini dijadikan barang bukti kasus pencucian uang jaringan pengedar narkoba yang dikenalikan Chistrian Jaya Kusuma alias Sancai.

Sancai merupakan narapidana kasus narkoba yang terkenal ulung dalam mengendalikan jaringan narkoba meski telah ditahan.

Kapala BNN Jawa Tengah Brigjen Pol Muhammad Nur Senin (4/2/2019) mengatakan, uang sebesar Rp 4,8 miliar itu diduga sebagai hasil penjualan narkoba yang kemudian ”dicuci” melalui beberapa rekening bank.

Pihaknya juga telah mengamankan Deden Wahyudi alias Dandi Kosasih yang berperan sebagai pengepul ang hasil bisnis narkoba jaringan ini. Dari penggerebekan di kamar kosnya di daerah Yogyakarta, petugas BNN mengamankan uang sebesar Rp 1,5 miliar serta 53 ribu dolar Singapura.

“Uang dalam empat rekening itu diduga sebagai pencucian uang hasil narkoba. Salah satu rekening atas nama pelaku,” katanya dilansir Antara.

Oleh pelaku, uang hasil biosnis narkoba itu juga digunakan untuk membeli dua sepeda motor.

Menurut dia, mereka menggunakan modus yang tergolong baru sehingga sulit dilacak. Ia menjelaskan bahwa pelaku menggunakan identitas ganda yang tercatat resmi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang dipakai untuk membuka rekening di bank.

“KTP palsu pelaku ini tercatat di catatan sipil dan digunakan untuk membuka rekening,” ujarnya.

BNN sendiri saat ini masih mengejar pelaku lain yang diduga sebagai pengendali tersangka Deden Wahyudi.

Atas perbuatannya, tersangka selanjutnya dijerat dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.