Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Jateng Identifikasi Daerah Rawan Bencana di Pati

0 347

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah adakan kegiatan identifikasi daerah yang rawan bencana. Hal itu untuk mempermudah BPBD Jateng dalam mensosialisasikan penanganan dini adanya bencana.

Kepala Bagian Tata Usaha BPBD Jawa Tengah, Ady Prabowo mengatakan, wilayah atau ancaman bencana di Jawa Tengah cukup tinggi. Ia menyebutkan perlu adanya sosialisasi terkait penanggulangan bencana.

“Karena kita harus sadar bahwa segala bencana ini bukan hanya urusan pemerintah, tetapi juga masyarakat. Oleh karena itu masyarakat harus tahu bagai mana cara penanggulangan bencana. Dan langkah apa saja yang perlu dilakukan,” ungkapnya, Senin (4/2/2019).

Sementara itu, Suparyati perwakilan BPBD Pati mengatakan jika Kabupaten Pati saat ini sedang rawan bencana Banjir, maka masyarakat harus bersahabat dengan bencana yang ada.

“Di kabupaten Pati sendiri kebanyakan terjadi banjir, tanah longsor dan kekeringan. Selain itu ada bencana non alam yang sering terjadi, seperti kebakaran,” ujarnya.

Dirinya menambahkan terkait manajemen penanggulangan bencana perlu di maksimalkan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.

“Pencegahan juga kami upayakan agar bencana tidak terjadi. Seperti pelarangan penggundulan hutan dan sebagainya. Pemberian peringatan dini juga harus di upayakan dengan segera dan terjangkau seluruh masyarakat,” imbuhnya

Lebih lanjut ia menambahkan jika BPBD Pati akan terus memberikan sosialisasi terkait penanganan bencana agar warga desa yang terdampak bencana bisa saling kerja sama dan gotong royong sebelum mendapat bantuan dari pemerintah.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.