MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Tahun Nunggak STNK, Otomatis Kendaraan Anda Jadi Bodong

0 17.655

MuriaNewsCom, Purbalingga – Pemerintah mulai 2019 ini memberlakukan kebijakan penghapusan data kepemilikan kendaraan bermotor bagi pemilik yang selama dua tahun berturut-turut tak membayar pajak. Otomatis kendaraan tersebut menjadi bodong alias data registrasinya dihapuskan.

Kasi PKB UPTD Samsat Purbalingga, Soegiarto mengatakan, penghapusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan dilakukan jika masa berlaku STNK ditambah dua tahun tidak juga dibayarkan pajak.

Menurutnya, selama ini pemahaman masyarakat STNK dianggap bodong apabila kendaraan bermotor tidak dipajak selama tujuh tahun.

“Pemahaman masyarakat kan dikirinya tujuh tahun. Padahal tidak, sejak masyarakat membeli motor ya masa berlaku STNK itu dua tahun. Tidak diperpanjang ya artinya nomor registrasinya dihapus,” katanya.

Dia menambahkan pemberlakuan kebijakan tersebut akan dimulai pada 2019 ini, dan akan disosialisasikan terlebih dahulu. Meski demikian, akan dimulai dengan sosialisasi dengan menerjunkan tim ke masyarakat.

”Ini sudah diundangkan. Jadi nanti dalam waktu akan ada tim yang mensosialisasikan tentang ini kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ia menyebut, aturan tersebut diberlakukan dengan alasan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, karena banyaknya kendaraan. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak adalah alasan lain adanya aturan itu.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang telah menjual kendaraannya untuk segera mengajukan pemblokiran nomor registrasi. Karena jika tidak, yang bersangkutan akan terkena pajak progresif.

”Jika menjual kendaraannya untuk segera diblokir. Jangan sampai nanti masyarakat kaget terkena pajak progresif dan pemilik baru untuk segera balik nama,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.