MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Daftar Haji Sekarang, 23 Tahun Lagi Baru Berangkat

0 2.524

MuriaNewsCom, Semarang – Jumlah pendaftar haji di Jawa Tengah setiap tahun terus meningkat. Sementara kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi terbatas. Alhasil daftar tunggu keberangkatan haji semakin panjang.

Plt Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jateng, Mohammad Arifin menyatakan daftar tunggu haji di Jateng saat ini sudah mencapai 23 tahun. Artinya, jika mendaftar haji saat ini, maka 23 tahun lagi baru mendapat giliran berangkat.

”Kuota haji yang diberikan ke Jateng hanya 30.225 orang. Jadi waiting list-nya sekarang sudah sampai 23 tahun,” katanya.

Ia menyebut, sampai awal tahun 2019 ini warga Jateng yang mendaftarkan untuk berangkat haji sebanyak 672.466 orang. Dengan jumlah pendaftar yang jauh lebih banyak ketimbang kuota ini yang menjadikan masa tunggu semakin lama.

Menurut dia, jemaah haji asal Jawa Tengah sebagian besar sudah berusia tua dengan pendidikan rendah. Rata-rata juga merupakan petani dan baru kali pertama ke luar negeri dan naik pesawat.

Pihaknya juga memperkirakan biaya haji tahun ini juga akan mengalami kenaikan. Meski demikian pihaknya memastikan, jika pemerintah terus berupaya agar biaya haji bisa ditekan seminimal mungkin.

Mengenai persyaratan biometrik bagi calon haji dan umrah menurutnya harus dilakukan sebagai uji coba yang dilakukan imigrasi Arab Saudi.

”Jamaah haji Indonesia terbanyak di dunia dan terkenal patuh dan taat dalam bidang taklimil hajinya. Makanya biometrik diujicoba di Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.