MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Kepung Lapas Pekalongan, Ratusan Napi Diungsikan

0 229

MuriaNewsCom, Pekalongan – Banjir melanda sejumlah wilayah di Pekalongan sejak beberapa hari terakhir. Banjir tak hanya menggenangi wilayah perkampungan, tetapi juga menggenangi Lapas Kelas IIA Pekalongan.

Akibatnya, sejak Minggu (27/1/2019) hingga Senin (28/1/2019) hari ini ratusan narapidana yang ditahan di lapas tersebut diungsikan. Mereka diungsikan ke lepas terdekat seperti di Rutan Pekalongan, Rutan Batang, bahkan juga sampai ke LP Kedungpane Semarang.

Mereka diangkut menggunakan bus dan truk dari Kodim 0710/Pekalongan menuju Rutan Pekalongan dan Rutan Batang.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Wakapolres Kompol I Wayan Tudy Subawa mengatakan, pada tahap pertama ada 96 narapidana yang dievakuasi.

“Untuk tahap pertama ada sebanyak 96 napi yang dievakuasi. Dengan rincian 50 napi ke Rutan Batang dan 46 napi ke Rutan Pekalongan,” katanya.

Sore harinya sisa narapidana yang ada di lapas tersebut dievakuasi menuju ke Rutan Pemalang dan Tegal. Ini dilakukan lantaran ketinggian air yang semakin meninggi.

Kita koordinasikan dengan pihak Lapas termasuk Polres jajaran untuk membantu pengamanan evakuasi para napi, mengingat keterbatasan personil Polres yang saat ini masih konsentrasi ke evakuasi banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkum HAM Jateng, Heni Yuwono kepada wartawan mengatakan, di Lapas Pekalongan total ada 370 penghuni.  Namun menurut dia, tidak semua narapidana di lapas tersebut dievakuasi.

”Jadi kita sisakan 10 narapidana untuk tinggal di sana. Sedangkan 360 kita evakuasi ke Lapas II B Brebes, Lapas II B Slawi, Lapas II B Tegal, Rutan Klas II B Rowobelang Batang, dan Lapas Klas II Kedungpane Semarang,” terangnya.

Ia memastikan, proses pemindahan narapidana dilakukan dengan pengamanan ketat dari pihak kepolisian dan pihak lapas. Para narapidana itu dipindahkan sementara sembari menunggu banjir yang melanda Lapas Pekalongan surut.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.