MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tol Tak Lagi Gratis, Truk Kembali Padati Jalur Pantura

0 1.702

MuriaNewsCom, Pekalongan – Sejak dibukanya tol Trans Jawa yang menghubugkan Jakarta-Jateng hingga Jawa Timur, jumlah truk yang melintas di jalur pantura Jateng menurun. Namun ternyata, perpindahan jalur angkutan truk dari jalur konvensional ke tol itu hanya sementara.

Banyak truk yang beprindah dari jalur konvesional hanya untuk mencoba jalur tol yang baru. Terlebih saat itu beberapa ruas tol Trans Jawa masih gratis.

Seperti diketahui, sejak akhir Desember 2018 sejumlah ruas tol baru tol Trans Jawa dibuka secara fungsional sehingga belum dikenai tarif. Namun sejak 21 Januari 2019, pemerintah sudah memberlakukan tarif untuk seluruh jalur tol Trans Jawa.

Dampaknya, jalur pantura kembali dipadati truk-truk besar. Hal ini setidaknya terlihat di jalur pantura Pekalongan, di mana sejak dua hari setelah pemberlakuan tarif jumlah truk yang melaintas kembali meningkat.

Kasatlantas Polres Kota Pekalongan, AKP Firdaus kepada wartawan pun membenarkan hal ini. Menurut dia, truk-truk kembali ramai masuk jalur pantura. “Kebanyakan truk-truk mulai ramai masuk Pantura,” katanya.

Bahkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan juga mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas mencapai sekitar 70%, dan didominasi kendaraan truk. Pemicunya adalah mulai diberlakukannya pengenaan tarif tol Trans Jawa.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat mengatakan, sebelum adanya pemberlakuan tarif tol, dalam satu jam hanya ada 200 truk yang melintas. Jumlah itu mengalami peningkatan dua kali lipat setelah tol dikenai tarif.

“Saat ini ada kenaikan pasca pemberlakuan tarif tol, perkiraan 300 hingga 400 truk melintas setiap jamnya,” ujarnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.