Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Aliran Sungai Mijen Meluap, Warga Mijen Antisipasi Banjir

MuriaNewsCom, Kudus – Aliran Sungai Mijen yang bersebelahan dengan pemukiman warga di Desa Mijen RT 01/ RW 04 l, Kaliwungu Kudus mulai meluap. Luapan ini disebabkan karena hujan deras yang mengguyur Kota Kretek sedari pagi.

Beberapa warga yang berada di sekitar aliran sungai mulai waspada jika ketinggian air mulai sejajar dengan jalan desa. Hingga berita ini diturunkan, tercatat sudah ada dua kali kejadian air meluap menuju pemukiman warga.

Dari pantauan MuriaNewsCom, luapan pagi tadi terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, sedangkan siang ini luapan kembali terjadi sesaat setelah salat Jumat, tepat setelah hujan deras mengguyur.

Beruntung, luapan tersebut hanya menimbulkan genangan di jalan dan belum masuk rumah.

Andi, salah satu warga mengatakan jika tadi pagi, air di sungai depan rumah sempat meluap saat hujan deras berlangsung. Beruntung air tidak masuk ke dalam rumah.

“Pagi tadi di sebelah sini,” ucapnya

Sejumlah warga melintas di tengah genangan air akibat Sungai Mijen yang meluap. (MuriaNewsCom/Angga Ragil Jiwandhana)

Ia mengatakan jiika kejadian luapan sungai seperti ini sudah sering terjadi jika musim hujan datang. Bahkan tadi pagi SD 1 Mijen sempat menghentikan kegiatan belajar mengajarnya karena air hampir saja masik kelas.

“Ini sampah baru dari atas yang terbawa arus,” ucapnya.

Terkait penyebab luapan, biasanya air justru datang dari arah jalan dan memenuhi kali sehingga terjadi luapan. “Dari jalan sana air penuh kesini,” tandas Andi.

Senada Sakimin, salah satu warga juga  mengatakan jika hujan ini masih berlanjut, kemungkinan malam nanti akan terjadi banjir yang besar.

“Ini dari atas airnya, kalau masih nanti ya pasti masuk rumah,” ucap Sakimin.

Ia pun mengaku telah meninggikan rumahnya sebanyak 2 sampai tiga kali. Ini merupakan antisipasinya terkait air banjir yang kemungkinan akan masuk ke rumahnya.

“Sudah sekitar segitu dan saya buat lantainya miring,” tandas Sakimin.

Selain Mijen, genangan air juga mulai terlihat di beberapa daerah di Kabupaten Kudus, seperti Tanjung Karang dan mejobo. Warga dihimbau untuk waspada terhadap keadaan sekitar. Terutama di area yang rawan terhadap bencana.

“Kewaspadaan perlu ditingkatkan terkait kondisi cuaca sekarang ini,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kudus, Bergas Catursasi beberapa waktu yang lalu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...