MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Parkir Liar di Depan Taman Juwana Mulai Ditertibkan Petugas

0 613

MuriaNewsCom, Pati– Parkir liar yang berada di depan taman Juwana, memang merusak pandangan mata. Apalagi, yang parkir adalah truk dan fuso dengan panjang dan ukuran kendaraan yang lebar. Tentunya, itu akan menutup taman Juwana tersebut.

Petugas gabungan tersebut terdiri dari Polres Pati dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pati. Sebelum petugas menilang, para sopir truk diberikan sosialisasi terlebih dahulu selama sebulan kedepan.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiyono mengatakan, sosialisasi terhadap para sopir truk yang parkir di depan taman Juwana mulai dilaksanakan pekan ini. Petugas terlebih dahulu memberikan sosialisasi selama sebulan sebelum nantinya menilang sopir.

“Setiap hari kami laksanakan sosialisasi. Kami memberikan imbauan kepada pengemudi untuk tidak parkir di bahu jalan yang sudah ada rambu-rambunya. Bentuk teguran itu masih sebatas lisan karena masih tahap sosialisasi. Selama sebulan ke depan kami akan terus mendatangi truk yang parkir di pinggir jalan yang terdapat rambu-rambu dilarang parkir,” jelasnya.

Menurutnya, para sopir yang parkir sebagian besar karena beristirahat di dalam truk atau di sekitar taman. Hanya, sebelum taman dibangun, truk biasanya sudah parkir di sana. Namun karena saat ini sudah dibangun taman dan diberikan rambu-rambu larangan parkir, maka harus ditertibkan.

“Para sopir parkir untuk beristirahat. Memang sedianya di Pati ada pangkalan truk seperti di Kudus untuk menampung para sopir yang beristiraht sehingga tidak parkir di bahu jalan. Terlebih jalan pantura Pati ini panjang dari Batangan hingga Margorejo sehingga membutuhkan pangkalan truk untuk beristirahat sopir. Sehingga tidak ada alasan lagi truk parkir di pinggir jalan yang membahayakan pengguna jalan lain,” tuturnya.

Sementra itu Kepala Dishub Pati Sudarlan melalui Kabid Angkutan Umum dan Kendaraan Eko Budi Santosa berkoordinasi dengan Satlantas memberikan sosialisasi terhadap sopir yang parkir di depan taman. Terkait pembangunan pangkalan truk, pihaknya mengaku sampai saat ini belum ada. Meskipun rencana kesana sudah ada.

“Memang pemkab akan membangun pangkalan truk. Namun saat ini, kami masih mengkaji pembangunan pangkalan truk di jalur pantura Pati. Berdasarkan studi kami, menunjuk pembangunan pangkalan truk di wilayah Batangan tepatnya di sisi kanan dan kiri Desa Raci, Kecamatan Batangan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.