MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penambangan Liar Lereng Merapi Digerebek Polisi, 1 Pelaku Dibekuk

0 685

MuriaNewsCom, Magelang – Satuan Reskrim Polres Magelang melakukan penggerebekan terhadap praktik penambangan liar di Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Magelang. Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan satu pelaku dan menyita dua alat berat ekskavator yang digunakan untuk menambang.

Penggerebekan itu dilakukan pada Rabu (22/1/2019) petang kemarin. Satu pelaku yang diamankan berinisi RS (20) warga Srumbung. Pelaku diketahui sebagai petugas delivery order (DO) dan sudah lama menjadi target operasi.

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Bayu Aji Hariyanto mengatakan, pelaku tertantangkap tangan melakukan usaha penambangan di lereng Merapi tanpa mengantongi izin yang berlaku.

“Tersangka memang sudah menjadi TO kami. Dan jajaran kami terus melakukan penyelidikan dan selanjutnya melakukan tindakan pengamanan tersangka dan barang buktinya,” katanya, Kamis (24/1/2019).

Selain mengamankan pelaku dan alat berat berupa eskavator, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti lain. Di antaranya satu bendel nota untuk transaksi, ayakan pasir dari besi, serta uang tunai sejumlah Rp 4,8 juta.

Kini pelaku dan barang bukti telah diamankan oleh jajaran Polres Magelang, dalam rangka penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Ia menyebut, tersangka dijerat dengan pasal 158 UU No 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batubara. ”Ancaman hukumannya 10 tahun kurungan penjara dan denda Rp 10 miliar,” terangnya.

Hingga saat ini polisi masih mengembangkan kasus tersebut, untuk mencari pelaku lain. Tersangka juga masih ditahan di Mapolres untuk menjalani pemeriksaan.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.