Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan Angin, Pohon Jati Timpa Kandang Ayam

MuriaNewsCom, Kudus – Hujan deras yang mengguyur kabupaten Kudus membuat satu pohon jati di dukuh bakaran, RT 02/RW 08 desa Piji tumbang. Pohon berdiameter kurang lebih 30 centimeter lebih ini menimpa satu bangunan gudang serta satu bangunan kandang ayam.

Eko, salah satu warga mengatakan jika kejadian pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 17.30. Dirinya menjelaskan tumbangnya pohon tersebut terjadi saat hujan sedang berlangsung.

“Tadi hujan dan bruk, langsung menimpa gudang dan kandang,” jelas Eko.

Sementara itu, Kepala Desa Piji, Nurul Mustain mengatakan jika penanganan sudah dimulai pukul 19.00 WIB tadi. Hanya, karena medan yang berat, tim dari Badan Penanggulangan Bemcana Daerah (BPBD) yang dibantu warga kesulitan untuk memotong ranting yang tumbang.

“Sudah dari tadi, anginnya kencang juga,” kata Nurul saat dijumpai di lokasi bersama perangakat Desa dan Anggota BPD di wilayah Kadus Bakaran.

Sebuah pohon tumbang yang menimpa gudang dan kandang ayam berisi 3000 ekor ayam di Desa Piji kemarin malam, Senin, (22/01/2019) (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Terkait kerusakan, pohon jati tersebut menimpa sebuah gudang serta kandang ayam. Ia Merinci kandang ayam tersebut berisi tigaribu ayam dengan usia tiga minggu. Selain itu juga, tumbangnya pohon menyebabkan mati listrik karena menimpa kabel listrik utama desa.

“Ini milik Pak Muad, warga ternadi, dan listriknya sudah mati sejak setengah enam lalu,  rinci Nurul.

Terkait upaya pencegahan, pihaknya mengatakan telah mengimbau warganya untuk selalu waspada terhadap bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Ini dikatakannya mengingat Desa Piji merupakan desa yang cukup rawan bencana.

“Sudah diimbau untuk waspada dan siap siaga, tapi harus tetap tenang,” lanjut Nurul.

Dari pantauan MuriaNewsCom tadi malam BPBD Kudus dibantu warga setempat masih berusaha mengevakuasi batang pohon yang terjatuh hingga pukul 21.00 WIB. Evakuasi terbilang cukup sulit, mengingat pohon menimpa kabel listrik dan kurangnya pencahayaan.

Salah satu relawan BPBD, Fredie mengatakan jika penanganan malam ini hanya sebatas pemotongan ranting-rantingnya saja. Dia menambahkan untuk batang jatinya, akan menunggu pemilik gudang yang tertimpa terlebih dahulu.

“Itu katanya mau dipakai, kalau dipaksakan sekarang batang akan merusak bangunan,” tandas Fredie menjelaskan.

Selain merobohkan pohon jati, di Dukuh Bakaran, hujan disertai angin sore tadi yang mengguyur Desa Piji dan sekitarnya juga membuat satu pohon petai ambruk serta membuat satu kandang ayam yang baru saja selesai di di daerah Desa Ternadi ambruk, kemarin sore. Tanah longsor juga sempat terjadi di RT 04/ RW 04 Ternadi.

Hal ini dibenarkan oleh Salisu, salah satu perangkat Desa Ternadi, dia mengatakan ada dua kejadian hari ini. Yang pertama adalah tanah longsor dan satunya lagi ambruknya kandang ayam yang baru jadi milik warga.

“Baru siang diisi, sorenya malah ambruk, terkait longsor tidak ada korban jiwa,” tandas Salisu.

 

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...