MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Abu Bakar Ba’asyir Dibebaskan, Begini Respon Ganjar

0 653

MuriaNewsCom, Semarang – Pengasuh Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang jadi terpidana terorisme dan divonis 15 tahun penjara akan segera bebas. Presiden RI Joko Widodo telah menyetujui pembebasan bersyarat kakek berusia 81 tahun tersebut.

Dikabarkan, Ba’asyir akan menghirup udara bebas mulai pekan depan. Menanggapi hal ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut tak ada persiapan khusus untuk mengatur pemulangan Ba’asyir.
Sebab menurutnya, secara prosedur hukum persiapan-persiapan pasti sudah dilalui.

“Tidak ada persiapan khusus dan spesial. Harapan kami, Abu Bakar Ba’asyir bisa pulang sampai di tempatnya dengan baik dan tidak ada sesuatu yang merespon negatif, biarkan beliau pulang dengan segala keputusan bijak dari Presiden Joko Widodo,” katanya, Sabtu (19/1/2019).

Begitu juga koordinasi dengan kepolisian, menurutnya juga tak ada yang spesial.

“Kami biasanya mekanis dan reflek. Karena yang begini ini pasti sudah ada prosedurnya. Contoh dulu mau ada eksekusi di Nusakambangan, kami bersama Kepolisian dan Forkompimda rapat terus, bagaimana agar tidak terjadi hal yang negatif,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengaku belum mengetahui secara pasti kapan Ba’asyir akan dibebaskan. Pihaknya belum mendapat informasi dari pusat.

“Mudah-mudahan kami segera mendapat informasi. Tugas kami biasanya bersama Forkompimda menyiapkan itu dengan baik sesuai apa yang mesti kami lakukan,” kata Ganjar.

Meski demikian menurut dia, pembebasan bersyarat Ba’asyir adalah hal yang tepat. Karena menurut dia, hal itu diharapkan bisa memberikan ketentraman, baik pada Abu Bakar Ba’asyir sendiri, keluarga, masyarakat dan komunitasnya.

“Tentu pembebasan bersyarat ini akan baik bagi Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.