MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sragen KLB Demam Berdarah, Pemprov Terjunkan Tim Khusus

0 308

MuriaNewsCom, Semarang – Penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Jawa Tengah cukup mengkhawatirkan. Bahkan Kabupaten Sragen menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) atas mengganasnya penyakit ini di kabupaten tersebut.

Di Sragen sejak 1-14 Januari 2019 telah ditemukan 111 kasus DBD dan sudah ada dua orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menetapkan status KLB karena kasus DBD tersebut sudah menyebar di 19 kecamatan.

Menanggapi ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh bupati/wali kota untuk kembali menggiatkan program 3 M (menguras, menutup dan mengubur).

“Bupati/Wali Kota saya minta untuk segera bergerak, kader kesehatan juga harus bergerak. Tapi yang paling penting adalah rumah tangga, tolong genangan air, sampah dan sebagainya mulai hari ini kita gerakkan resik-resik lingkungan,” kata Ganjar.

Masyarakat lanjut Ganjar harus pro aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan. Upaya untuk memberantas nyamuk penyebab demam berdarah harus intensif dilakukan.

Terkait penanganan saat ini, Ganjar mengaku telah memerintahkan Kepada Dinas Kesehatan untuk menerjunkan tim khusus. Tim ini akan melakukan survei ke beberapa tempat yang marak terjangkit kasus DBD.

“Saya sudah perintahkan tadi Dinas Kesehatan segera melakukan survei ke beberapa tempat. Kalau nanti butuh tindakan khusus, nanti akan ada lakukan sejumlah treatment untuk itu,” tambahnya.

Pihaknya sudah meminta tim bergerak cepat untuk melakukan pendataan. Sehingga bisa segera dilakukan tindakan agar tidak banyak korban jatuh.

Terkait penetapan status KLB Demam Berdarah di Jateng, Ganjar menerangkan jika keputusan itu sementara belum diambil.

“Nanti biar Dinas yang menghitung semuanya. Apakah pada titik tertentu kita menetapkan KLB. Jika nanti syaratnya memenuhi, maka kami tidak akan ragu menetapkan situasi apapun,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.