Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Grobogan Seleksi 87 Orang Pendaftar Tim Relawan Demokrasi Pemilu 2019

MuriaNewsCom, Grobogan – Proses seleksi calon anggota tim relawan demokrasi (relasi) KPU Grobogan memasuki tahap akhir, Rabu (16/1/2019). Yakni, tahapan seleksi akhir atau wawancara terhadap para pendaftar relasi.

“Hari ini kita lakukan wawancara pada para pendaftar relasi. Sebelumnya, kita sudah lakukan seleksi administrasi. Rencananya, mereka yang terpilih akan kita umumkan Kamis besok. Dari jumlah tersebut, nantinya diambil 55 orang saja,” kata Komisioner KPU Grobogan Ngatiman.

Menurutnya, keberadaan relasi diperlukan sebagai salah satu upaya untuk menekan angka golput pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. Ia mengungkapkan, program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Partisipasi pemilih memang cenderung mengalami penurunan, mulai dari pemilu 2004 sampai pileg 2014. Target KPU Pusat, angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebesar 77,9 persen. Untuk itu, kita siapkan tenaga relasi sebagai salah satu upaya guna mencapai target tersebut,” ungkapnya.

Ngatiman menambahkan, untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih banyak kiat yang dilakukan dan pengerahan relawan adalah salah satunya. Tugas relawan yang berasal dari berbagai latar belakang itu nantinya melakukan sosialisasi di beberapa kelompok masyarakat. Khususnya, kelompok yang rentan tidak menggunakan hak pilihnya karena beberapa alasan, misalnya kesibukan bekerja.

Selain itu, target lainnya adalah para pemilih pemula yang cukup banyak jumlahnya. Diharapkan, para pemuda itu ikut berpartisipasi ke tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilih perdananya.

“Salah satu tugas yang kita bebankan pada relasi adalah ikut mencegah maraknya berita palsu atau hoax. Terutama bagi anggota relasi yang selama ini sangat aktif berinteraksi dengan dunia internet,” sambungnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...