MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seluruh RS Pemerintah di Jateng Siap Nampung Caleg Stres Kalah Pemilu

0 1.482

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah mulai mengantisipasi adanya lonjakan pasien di rumah sakit jiwa (RSJ) setelah Pemilu April 2019 mendatang. Pasalnya, diperkirakan akan banyak caleg yang mengalami depresi setelah tak lolos dalam pemilu legislatif (pileg).

Oleh karenanya, seluruh rumah sakit milik pemerintah di Jawa Tengah disiapkan untuk menerima pasien depresi. Di provinsi ini ada 52 rumah sakit negeri yang siap melayani pasien gangguan jiwa.

”Jadi tidak hanya di rumah sakit jiwa saja. Bisa juga dilakukan (penanganan caleg stres) di 52 rumah sakit milik pemerintah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo kepada wartawan.

Ia menyebut, 52 rumah skait milik pemerintah itu tersebar di seluruh kabupaten/kota di jawa Tengah.

Meski demikian menurut dia, pihaknya belum bisa memberikan perintah kepada tiap pengelola rumah sakit menambah jumlah bangsal khusus pasien gangguan kejiwaan. Sebab, pihaknya mengaku belum punya satu pun basis data untuk menguatkan layanan tersebut.

“Kami belum punya evidence based (terapi kedokteran berbasis bukti) untuk melakukan hal itu. Termasuk memerintahkan rumah sakit menambah bangsal terapi kejiwaan,” ujarnya.

Meski demikian menurut dia, rumah sakit milik pemerintah itu dinyatakan sudah siap melayani pasien gangguan kejiwaan. Beberapa RSUD di daerah juga menyatakan telah siap menerima dan mengobati caleg yang stress.

“Mereka (rumah sakit) juga sudah siap melayani bila ada orang dengan gejala gangguan kejiwaan ingin berobat,” tuturnya.

Menurutnya dengan pertarungan politik yang sangat ketat, tidak menutup kemungkinan orang-orang yang cita-citanya gagal dicapai bisa mengalami depresi.

Terlebih lagi pada kontestasi Pemilu 2019, persaingan perebutan suara tak cuma dilakukan caleg-caleg DPRD kabupaten/kota. Para caleg DPD RI, DPRD Provinsi maupun DPR RI juga ingin merebut peluang meraih suara untuk memenangkan Pemilu yang dihelat serentak pada 17 April nanti.

“Tidak menutup kemungkinan orang yang gagal meraih cita-citanya mengalami gangguan jiwa seperti depresi. Sementara ini kami belum punya evidence based untuk melacak hal itu,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.