MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cuaca Buruk, Nelayan Pati Sandarkan Kapal

0 380

MuriaNewsCom, Pati – Cuaca buruk beberapa hari terakhir ini, membuat para nelayan di Juwana memilih untuk menyandarkan kapalnya. Mereka tidak ingin risiko buruk terjadi. Apalagi ditengarai gelombang laut sampai saat ini masih tinggi.

Salah satu nelayan Juwana Ahmad Ridwan kepada MuriaNewsCom mengatakan, kapal yang dibuatnya untuk mencari ikan sudah bersandar di dermaga juwana dua pekan lalu. Dirinya mengaku enggan untuk melaut karena kondisi cuaca yang buruk.

Menurutnya, informasi cuaca buruk itu tidak hanya terjadi di wilayah laut Jawa, tetapi juga di perairan Papua. Mengingat, dirinya bersama anak buah kapal (ABK) yang lain, selama ini memang sering mencari ikan di wilayah Papua.

“Kapal dari Juwana yang mencari ikan di perairan papua juga masih banyak. Tetapi informasi yang kami dapatkan, mereka akan segera bersandar dipelabuhan gerdekat lantaran cuaca di sana juga tidak mendukung,” ungkapnya, Sabtu (5/1/2019).

Terkait rencana kapan akan kembali melaut, pihaknya mengaku belum bisa menentukan. Sebab, dalam kurun waktu sepekan ini, diketahui memang belum ada nelayan yang kembali melaut. Alasan mereka rata-rata sama, yakni kendala cuaca.

“Melaut juga harus memperhatikan kondisi cuaca, Mas. Kalau cuaca sedang begini, nelayan pasti banyak yang tidak melaut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, kondisi cuaca saat ini memang belum mendukung, termasuk di wilayah laut.

Pihaknya juga sudah menghimbau kepada para nelayan yang sudah melaut, agar berhati-hati karena gelombang tinggi.

“Informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sampai saat ini kondisi cuaca memang masih buruk. Jadi, para nelayan kami harapkan untuk berhati-hati,” tutupnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.