Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hektaran Sawah di Pati Diserang Hama

MuriaNewsCom, Pati – Hektaran sawah di Desa Plukaran, Kecamatan Gembong diserang oleh hama. Bahkan, sebagian besar di antaranya sudah mulai menguning. Namun, ada sebagian lahan sawah yang kondisinya masih tetap hijau.

Salah seorang petani di Desa Plukaran Sahri mengaku bersyukur karena di antara tanaman padi yang menguning itu, lahan miliknya juatru masih segar. Bahkan pertumbuhannya cendeeung pesat dibandingkan tanaman padi yang lainnya.

“Kalau padi saya ini, sejak mulai penanaman jingga pembesaran memang menggunakan pupuk cair organik. Sementara tanaman padi milik tetangganya tersebut kebanyakan menggunakan pupuk kimia,” ungkapnya, Rabu (2/1/2019).

Menurutnya, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan memang membuat tanaman cepat menguning dan mengurangi kesuburan tanaman. Apalagi, dirinya mengaku sudah pernah mengalami hal tersebut sehingga beralih ke pupuk organik.

“Saya sendiri mengalami hal itu. Kemudian saya mencoba mencari pupuk organik untuk uji coba, namun hasilnya malah lebih bagus,” imbuhnya.

Dirinya juga tidak menyangka kalau padi miliknya itu tetap sehat dan tumbuh besar, sementara lahan padi yang lainnya malah menguning.

Diketahui, tanaman milik Sahri ini merupakan lahan uji coba penggunaan pupuk dengan bahan lokal yang dibuat oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Gembong. Sekaligus, itu juga menunjukkan bahwa penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, sangat tidak baik bagi tanaman.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...