Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasca Putusan MK, KPU Pati Lantik 42 Anggota PPK 

MuriaNewsCom, Pati– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati melantik 42 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aula KPU setempat, Rabu (2/1/2019). Pelantikan itu adalah khusus untuk 42 anggota tambahan yang sebelumnya masing-masing PPK hanya berjumlah tiga orang.

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, sebelumnya ada tiga anggota PPK yang sudah ditetapkan. Akan tetapi dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 31/PUU-XVI/2018, maka KPU diperintahkan untuk menambah penyelenggara PPK menjadi lima.

“Untuk 42 PPK yang dilantik tadi, merupakan anggota tambahan. Jadi, masing-masing PPK nanti dapat tambahan dua orang sehingga jumlahnya menjadi lima,” ungkap Imbang.

Dirinya juga mengaku, untuk proses seleksi penerimaan memang dilakukan secara berbeda dibandingkan tiga anggota yang sudah dikukuhkan. Namun, diakuinya proses seleksi sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Pasca putusan MK itu, semua peraturan sudah kami pelajari untuk rekrutmen penambahan PPK. Dan hasilnya, hari ini 42 anggota baru sudah reami dilantik,” tegasnya.

Lebih lanjut, perekrutan PPK tambahan ini juga merujuk pada putusan KPU RI nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018, tertanggal 5 November 2018 lalu, perihal proses penambahan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Umum tahun 2019. Sesuai tahapan, pihaknya diberikan waktu selama 11 hari mulai tanggal 10 hingga 20 November melakukan seleksi.

Diakuinya, penambahan PPK ini mwmang sangat tepat untuk menunjang kinerja dalam pemilu serentak 2019. Sehingga, PPK tidak terlalu berat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

“Semoga usai dilantinya 42 anggota PPK tersebut, mereka langsung bisa bekerja dan menjalankan tugasnya dengan baik,” tutup Imbang.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...