Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Pati Pastikan Partai Tak Serahkan LPSDK Akan Kena Sanksi 

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati hari ini (2/1/2019) membuka layanan bagi partai politik peserta pemilihan umum 2019 untuk menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK). Apabila sampai pada pukul 18.00 WIB masih ada parpol yang belum melapor, maka parpol akan diberikan sanksi oleh KPU RI.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, untuk LPSDK ini rentan waktunya hanya satu hari. Sehingga, partai peserta pemilu 2019 diharapkan untuk segera menyerahkan LPSDK tersebut tepat waktu.

“Posko penyerahan sudah kami buka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Dari peraturan yang ada, penyerakan LPSDK itu memang berlangsung selama satu hari,” ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan, tercatat ada sebanyak tiga dari 16 partai peserta pemilu yang sudah menyerahkan LPSDK ke KPU Pati. Namun, Supriyanto mengaku parpol akan datang apabila nanti sudah siap semuanya.

“Ini tidak ada waktu perbaikan. Sehingga, kami meminta kepada tim kampanye di masing-masing daerah untuk mematangkan LPSDK itu. Sehingga, kami menerimanya sudah benar-benar selesai,” imbuhnya.

Lebih lanjut, setelah penerimaan LPSDK ini, tahap selanjutnya KPU Pati akan mengumumkan kepada publik terkait besaran LPSDK masing-masing partai. Hal ini agar masyarakt mengetahui besaran dana yang nantinya akan digunakan untuk kampanye. Selain itu, masyarakat juga mengetahui sumber dana kampanye tersebut.

“Kalau hari ini ada parpol yang tidak menyerahkan LPSDK, kami akan membuat berita acara dan melaporkan ke KPU RI. Nanti sanksi akan secara langsung diberikan oleh KPU RI,” tegasnya.

Dirinya berharap agar parpol peserta pemilu atau tim kampanye yang ada di daerah, segera untuk menyerahkan LPSDK dengan tepat waktu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...