MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiap Jam Terjadi Satu Aksi Kejahatan di Jawa Tengah

0 342

MuriaNewsCom, Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah mencatat, selama tahun 2018 tindak kejahatan yang terjadi di provinsi ini mengalami penurunan. Tak hanya dari jumlah, tetapi juga selang waktu kejahatan yang mengalami penurunan.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menyebut, pada tahun 2018 terjadi 9.412 kasus kejahatan. Jumlah itu mengalami penurunan bila dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 11.420 kejadian.

Dengan jumlah kejadian kejahatan pada tahun 2018, dirata-rata terjadi satu kejadian tiap hampir satu jam. Tepatnya setiap 55 menit terjadi satu kejahatan.

”Ini juga menurun bila dibandingkan tahun 2017 yang selang waktu kejahatan itu 45 menit 9 detik. Dan di tahun 2018 melambat menjadi 55 menit 51 detik,” katanya.

Menurut dia, dari 9.412 kasus itu, yang sudah selesai proses pengungkapnnya mencapai 6.942 kasus. Ia memaparkan, dari ribuan kasus kejahatan itu, ada tiga jenis kejahatan yang paling sering terjadi.

”Yakni curat (pencurian dengan pemberatan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor) dan narkoba,” terangnya.

Untuk kasus curat pada 2018 mengalami penurunan sekitar 18 persen dari tahun sebelumnya, begitu juga dengan curanmor yang turun 37,3 persen. Hanya kasus narkoba yang mengalami kenaikan mencapai 8 persen.

Sementara itu, ada empat kasus yang menonjol.  yaitu penangkapan begal yang beraksi dan meresahkan warga Pantura. Kemudian ada juga pengungkapan kasus perusakan gereja, kantor NU, dan Kantor PDIP di Magelang.

Selain itu ada juga penipuan dengan kerugian sekitar Rp 1,3 miliar dengan modus mengaku sebagai keturunan Keraton Yogyakarta yang korban diiming-imingi hibah fiktif.

Namun secara umum ia menyebut, jika baik kasus kejahatan maupun angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Jateng mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sampai hingga saat ini situasi wilayah hukum Polda Jateng masih sangat aman dan terkendali,” tandas kapolda Jateng.

Editor : Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.