Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pergantian Malam Tahun Baru, Pemkab Kudus Gelar Pertunjukan Wayang

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus memeriahkan malam pergantian tahun dengan pertunjukan wayang kulit di taman Balai Jagong pada Senin (31/12/2018) malam. Pagelaran wayang ini menghadirkan dalang kondang yakni Ki Slamet Paryogo dan Ki Wahyu Tulus Widodo dengan lakon Semar Mbangun Kahyangan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Kudus HM Tamzil, forkompina Kabupaten Kudus Ketua Pepadi Kudus H. Haryanto dan warga masyarakat Kabupaten Kudus.

Bupati Kudus HM Tamzil dalam sambutannya mengatakan, pagelaran ini untuk mengenalkan seni budaya wayang kulit kepada generasi muda. Menurutnya, kedepan bagaimana seni budaya wayang kulit bisa lestari. Yakni salah satunya dengan melalui pertunjukan wayang kulit yang sering digelar.

“Sebagai Pemkab Kudus sangat mengapresiasi dan memberikan tempat untuk Wayang Kulit di Kabupaten Kudus. Sehinggga bisa tour keliling di sembilan kecamatan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari peran Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Kudus. Karena peran Pepadi untuk mencurahkan pikiran untuk menguri-nguri budaya yang ada di Kabupaten Kudus.

“Ketua Pepadi Kudus H. Hariyanto telah mencurahkan segala pikiran untuk menguri-uri budaya yang ada di Kudus,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pepadi Kabupaten Kudus H.Hariyanto mengatakan selain mengenalkan seni budaya kepada generasi muda. Pagelaran wayang ini untuk menghindari para anak muda arak-arakan di jalan pada saat malam pergantian tahun baru.

“Mari bersama sama untuk menghidupkan seni budaya di Kudus agar tidak hilang dan pupus di tengah jalan,” pintanya.

Di puncak malam pergantian tahun baru, dilanjutkan dengn pesta kembang api. Pesta kembang api ini sebagai tanda peralihan tahun 2018 ke tahun 2019.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...