Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pemilu, 202 Warga Binaan Rutan Kudus Lakukan Perekaman E-KTP

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 202 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan IIB Kudus lakukan perekaman e-KTP hari ini, Senin (31/12/2018). Hal ini diselenggarakan guna melengkapi persyaratan para WBP untuk berpartisipasi dalam pemilu April 2019 mendatang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Rutan Kudus yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus. Tak kurang dari 50% wbp belum mempunyai e-KTP ataupun belum rekam e-KTP saat memulai masa binaannya.

Damianus Ardhyna selaku Plh Rutan Kudus, mengatakan, jika kegiatan ini berdasarkan tentang surat keputusan dari Kementrian Hukum dan HAM yang berkaitan dengan perekaman data untuk informasi daftar pemilih tetap untuk Pilpres nanti.

“Setelah itu langsung kita ajukan surat ke dukcapil, harapannya 200an WBP ini bisa dicek dan terekam semua hari ini datanya,” kata Rusmanto.

Dirinya menjelaskan lebih rinci, jika kegiatan ini bertujuan untuk mengecek sekaligus merekam data WBP yang ada di Rutan Kudus.

Warga binaan pemasyarakatan Rutan IIB Kudus tampak antri untuk melaksanakan rekam ektp di Aula rutan, Senin (31/12/2018).
(MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

“Nanti dicek terlebih dahulu, kalau sudah ada data e-KTPnya ya tidak usah, kalau belum, nanti langsung rekam di sini,” ucapnya.

Kepala Rutan Kudus, Budi Prajitno, mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, para warga binaan ini bisa menyuarakan suaranya pada Pemilu tahun 2019 nanti.

“Harapannya nanti mereka bisa untuk meyuarakan hak pilihnya, mereka juga bagian dari Warga Negara, mereka juga pantas untuk menentukan pilihannya,” tandas Budi.

Sementara itu Mashuri, salah satu warga binaan mengapresiasi inisiatif Rutan untuk melakukan pengecekan dan perekaman data para warga binaan. Dirinya berharap pada pemilu 2019 nanti ia dan warga binaan lainnya bisa ikut menyemarakkan dan menyalurkan hak pilihnya.

“Bagus, jadi kita nanti bisa ikut milih presiden,” ucap Mashuri

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...