Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

100 Hari Pimpin Kudus, Ini yang Sudah Dilakukan Tamzil-Hartopo

MuriaNewsCom, Kudus – Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kudus HM Tamzil dan HM Hartopo genap 100 hari pada 1 Januari 2019 besok. Sebelumnya pasangan TOP ini dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kudus pada 24 September 2018 lalu.

Tamzil mengatakan ada beberapa hal yang telah ia lakukan bersama Hartopo memimpin Kabupaten Kudus selama 100 hari. Mulai dari menyusun anggaran perubahan, memberikan santunan kepada guru madin, hingga mencetak 50 wirausaha baru.

“Sudah menjalani tiga bulan, masa paling indah menjadi Bupati Kudus. Sedikit memberikan cerita menjabat tiga bulan pemerintah bersama dengan Pak Hartopo,” ungkapnya.

Ia mengatakan,ada yang unik pada masa kepemimpinannya saat ini. Pasalnya pelantikan yang digelar merupakan akhir tahun. Sehingga harus menyiapkan perubahan anggaran hingga menyusun anggaran 2019.

“Ini masa penting, karena diakhir tahun. Saya harus menyusun perubahan dan menyiapkan anggaran 2019. Alhamdulillah anggaran 2019 sudah selesai, eveluasi gubernur juga sudah turun. Dan akan dibahas banggar,” jelasnya.

Adapun program 100 hari kerja sudah dilakukan oleh keduanya. Pertama program unggulan bantuan guru madin dan guru swasta. Ada sebanyak 12 ribu guru madin dan swasta yang mendapatkan bantuan guru madin.

“Rencana tanggal 4 Januari akan diberikan dalam bentuk ATM, saat ini sudah jadi. Nanti tinggal diserahkan kepada guru madin, guru swasta dan guru paud,” ujarnya.

Kemudian ada bantuan santunan meninggal dunia. Bantuan Rp 2 juta untuk warga yang sakit dan Rp 2,5 jura santunan bagi yang meninggal dunia. Ada sebanyak 1.400 santunan kematian yang telah diberikan. Itu terhitung sejak tahun 2017. Mereka baru mendapatkan santunan tahun ini.

“Itu kami wujudkan dalam 100 hari. Cara laporkan ke RT/RW dan surat keterangan tidak mampu dari desa. Ini saya tugaskan ke kades,” lanjutnya.

Untuk program unggulan lainnya adalah mencetak 500 wirausaha baru di Kudus. Tamzil menyebutkan dalam 100 hari kerjanya telah mencetak 50 wirausaha baru.

“Kemarin 50 orang dididik tentang berwirausaha. Setelah itu merka mendapatkan modal untuk berwirausaha. Kemudian mulai januari nanti dengan 500 orang,” jelasnya.

Serta di sektor pertanian, pasangan TOP sudah memberikan bibit kopi kepada petani di pegunungan Muria. Hal itu sebagai langkah untuk mengenalkan kopi muria sebagai destinasi wisata kopi yang dikenal di pegunungan muria.

“Bagaimana pada 100 hari ini kami meletakkan dasar dasar untuk lima tahun ke depan,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...