MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masyarakat Grobogan Diimbau Ikut Mengawasi Penggunaan Anggaran Kepolisian

0 251

MuriaNewsCom, Grobogan – Peran serta berbagai komponen masyarakat diperlukan untuk mengawasi penggunaan anggaran kepolisian. Partisipasi ini dibutuhkan agar penggunaan anggaran itu bisa transparan dan tepat sasaran.

“Masyarakat bisa ikut menyimak dan mengawasi supaya penggunaan anggaran bisa dipertanggungjawabkan. Di sini ada jajaran FKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang kita undang supaya mengetahui berapa besarnya anggaran yang dimiliki Polres Grobogan tahun 2019,” kata Kasubag Program Anggaran Biro Rena Polda Jateng AKBP Yudi Priyono, saat sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) Satker Polres Grobogan tahun 2019, Sabtu (29/12/2018).

Sosialisasi tersebut dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni dan pimpinan FKPD. Hadir pula sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan LSM serta wartawan.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq menyatakan, anggaran yang diterima pada tahun 2019 sebesar Rp 96 miliar lebih. Dibandingkan anggaran tahun lalu ada penurunan sekitar Rp 10 miliar.

Anggaran tersedot dalam jumlah besar untuk belanja pegawai sebesar 68 persen atau sekitar Rp 65,5 miliar. Alokasi anggaran untuk belanja barang 29 persen atau Rp 28 miliar dan belanja modal sebesar 3 persen atau Rp 2,3 miliar.

Masih dikatakan Choiron, anggaran untuk operasional akan dihemat dalam penggunannya. Sebab, kegiatan kepolisian dapat berkembang cepat sesuai kondisi di lapangan.

Kasubag Program Anggaran Biro Rena Polda Jateng AKBP Yudi Priyono (kanan) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (Dipa) Satker Polres Grobogan tahun 2019 pada Kapolres AKBP Choiron El Atiq, Sabtu (29/12/2018). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi keterbukaan anggaran dari pihak kepolisian. Dia meminta agar pihak kepolisian mendampingi kinerja pemerintahan, sehingga terjalin koordinasi dalam berbagai persoalan.

“Kami ini juga manusia biasa. Jadi, kalau ada kesalahan mohon ditegur dahulu dan diingatkan. Saat ini, banyak bantuan keuangan mengalir ke desa-desa, sehingga perlu koordinasi juga dengan kapolsek,” katanya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.