Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Sanggup 100 Persen, PT Gentong Gotri Hanya Mampu Bayar Uang Pensiun Rp 10 miliar

MuriaNewsCom, Kudus – PT Gentong Gotri bakal mencairkan upah pensiun atau Jaminan Hari Tua (JHT) pada buruh karyawan tahun depan. Hanya saja pihak PT Gentong Gotri hanya mampu membayar 25 persen saja.

Daru Handoyo Kuasa Hukum Buruh PT Gentong Gotri mengatakan sesuai anjuran dari Disnaker prosedurnya perusahaan harus mengembalikan sebesar Rp 40,2 miliar. Namun dari hasil pertemuan dengan pihak Gentong Gotri hanya mampu membayar 20 persennya saja.

“Kalau dihitung sekitar Rp 10 miliar lebih sedikit yang mampu dibayarkan oleh perusahaan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, ada sebanyak 1.151 buruh karyawan PT Gentong Gotri. Mereka mulai dari pekerka harian, borongan hingga ada yang bulanan.

“Uang JHT itu nantinya dibagaikan kepada para buruh. Tergantung masa kerja para buruh,” ungkapnya.

Dari 1151 buruh, ada sebanyak 26 pekerja yang menolak upah JHT tersebut. Ke-27 itu adalah para pekerja bulanan. Mereka meminta untuk mencairkan 100 persen JHT dari perusahaan Gentong Gotri.

“Namun secara rata-rata pembagian uang 25 persen setuju. Karena sudah lama menunggu belum ada kepastian. Namun mereka yang menolak, kami belum tahu kapan akan dicarikan,” ungkapnya.

Kusni salah satu buruh PT Gentong Gotri mengaku setuju dengan pencairan besaran upah JHT itu. Pasalnya ia mengaku telah bertahun-tahun menunggu cairnya JHT.

“Kalau saya setuju-setuju saja. Karena kami telah menunggu lama. Daripada menunggu tidak jelas,” kata buruh yang bekerja selama 25 tahun itu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...