Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Pensiun Buruh Rokok Gentong Gotri Kudus Cair Tahun Depan

0 330

MuriaNewsCom, Kudus – Pencairan dana pensiun Jaminan Hari Tua (JHT) PT Gentong Gotri direncanakan bakal dibayar bulan puasa tahun 2019 mendatang. Hal itu disampaikan Daru Handoyo Kuasa Hukum Buruh PT Gentong Gotri mencairkan dana sisa iuran jaminan sosial dan kesehatan di Kantor Forum Pengesahan Rokok Kretek Kudus pada Jumat (28/12/2018).

Daru mengatakan pencarian JHT direncanakan pada bulan puasa tahun depan. Kepastian itu didapatkan setelah ia melakukan mediasi dengan pihak PT Gentong Gotri beberapa waktu lalu.

“Pembayarannya sebelum lebaran. Pada bulan puasa,” katanya pada Jumat (28/12/2018).

Ia mengatakan, saat ini ada sebanyak 1.151 buruh. Mereka terdiri dari buruh harian, borongan dan bulanan. Mereka hingga sekarang belum menerima JHT.

“Mereka terdiri 90 persen dari buruh harian dan borongan serta 10 persen dari buruh bulanan,” ungkapnya.

Daru menambahakan sesuai anjuran dari Disnaker prosedurnya perusahaan harus mengembalikan sebesar Rp 40,2 miliar. Hanya saja, dari perusahaan tidak mampu membayar anjuran pembayaran upah tersebut.

“Perusahaan hanya mampu membayar 10 persennya saja dari anjuran Rp 40,2 miliar itu,” ungkapanya.

Parti (65) warga Kaliwungu Kudus mengaku berharap dana JHT dari PT Gentong Gotri segera cair. Pasalnya, upah itu rencananya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Harapnnya agar segera cair. Saya berharap JHT agar segera cair,” ungkap buruh PT Gentong Gotri yang telah bekerja selama 25 tahun.

Sebelumnya, pada hari Jumat (28/12/2018) ini ribuan buruh PT Gentong Gotri menerima dana sisa iuran jaminan sosial dan kesehatan tahap kedua di Kantor Forum Pengesahan Rokok Kretek Kudus pada Jumat (28/12/2018). Mereka menerima dana sisa iuran sebesar Rp 100 ribu.

“Ini saya bersama ribuan buruh kembali menerima iuran jaminan sosial tahap kedua. Harapnnya JHT segera dicarikan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.