Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tol Trans Jawa Beroperasi, Jumlah Penumpang di Bandara Semarang dan Solo Anjlok

0 834

MuriaNewsCom, Semarang – Beroperasinya tol Trans Jawa yang menghubungkan dari Jakarta-Surabaya ternyata berdampak pada jumlah penumpang angkutan udara. Tercatat selama libur Natal 2018 jumlah penumpang di dua bandara besar di Jateng mengalami penurunan drastis.

Baik di Bandara Internasional A Yani Semarang maupun Bandara Adie Soemarmo Solo, jumlah penumpangnya anjlok. Hal ini diperkirakan, banyak orang yang lebih memanfaatkan jalan tol. Terlebih beberapa ruas tol baik di Jateng dan Jatim masih digratiskan.

PT Angkasa Pura I mencatat, jumlah penumpang pada H-5 Natal hingga hari H tahun ini mencapai 88.498 penumpang. Jumlah ini menurun bila dibanding tahun 2018 lalu. Di mana pada periode yang sama tercatat ada 91.829 penumpang yang naik maupun turun dari Bandara A Yani Semarang.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryantono menyebut, penurunannya mencapai 4 persen.

“Angka penumpang pesawat grafiknya menurun dibanding tahun kemarin, meski tak begitu signifikan. Ada penurunan 4 persen,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi di Bandara Adie Soemarmo Solo. Bahkan pada salah satu hari di musim libur akhir tahun ini, terjadi penurunan sampai 32 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Yakni pada H-1 Natal atau 24 Desember 2018. Pada tanggal itu tercatat hanya ada 5.495 penumpang, baik yang terbang dan mendarat di bandara.

Padahal di tanggal yang sama tahun 2017, jumlanya mencapai terdapat 9.284 penumpang. “Kalau dilihat dari jumlah pesawat, pada 24 Desember juga menurun banyak, sampai 32 persen,” kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi.

Ia menyebut, pada tahun jumlah pesawat yang terbang maupun mendarat di bandara itu hanya 43 pesawat. Sementara tahun lalu mencapai 64 pesawat.

Total sejak 20 hingga 25 Desember 2018, terdapat 307 pesawat yang membawa 43.870 penumpang. Jumlah tersebut menurut dari periode yang sama tahun 2017, yakni 413 pesawat yang membawa 61.496 penumpang.

General Manager (GM) Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, juga mengakui penurunan jumlah penumpang ini merupakan imbas dari operasional Tol Trans Jawa.

“Memang ada pengaruhnya dengan pengoperasian jalan tol ini. Penumpang pesawat banyak yang beralih melalui jalur darat,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.