Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengisian Bendungan Logung Kudus Capai 57.12 Meter, Begini Penampakannya

MuriaNewsCom, Kudus – Bendungan Logung yang terletak di Desa Tanjungrejo Kecamatan Kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas Kecamatan Dawe mulai dilakukan pengisian sejak Selasa (18/12/2018) pekan lalu. Untuk elevasi muka air bendungan Logung hingga sekarang mencapai 57.12 meter.

Pengawas Lapangan Bendungan Logung, Durlanda Sinaga mengatakan, pengisian bendungan logung terhitung sudah berjalan satu pekan. Mulai tandai dengan kedatangan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Direktur Jendral Sumber Daya Air pekan lalu.

“Untuk elevasi muka air saat ini mencapai 57.12 meter,” jelasnya saat dihubungi, Kamis (27/12/2018).

Ia mengatakan, apabila dihitung secara normal. Elevasi muka air pelimpah atau normalnya itu 88.50 meter. Jadi kurangnya elevasi normalnya dikurangi elevasi saat ini.

“Itu kurangnya ada 31.38 meter,” ujarnya.

Direncanakan pengisian bendungan logung dalam semusim hujan ini. Apabila kondisi curah hujan tinggi, diperkirakan enam bulan pengisian akan rampung.

“Kalau sering curah hujan tinggi perkiraaan enam bulan lah perkiraan. Karena ini juga tidak ada kendala  dan semoga lancar pengisian bendungan Logung ini,” ungkapnya.

Diketahui, Bendungan Logung merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Pembangunan Bendungan Logung membutuhkan waktu sekitar 5 tahun.

Bendungan ini memiliki tinggi 55 meter dan panjang 350 m. Bendungan Logung mampu menampung air sekitar 20,15 juta m3, dengan volume efektif sebesar 13,72 juta m3. Bendungan Logung direncanakan dapat memenuhi kebutuhan air irigasi untuk lahan potensial maksimal 5.296 ha yang terdiri dari luas irigasi eksisting 2.805 ha dan irigasi pengembangan 2.491 ha di wilayah Kabupaten Kudus serta peningkatan produktivitas tanaman padi.

Selain itu juga, bendungan tersebut dapat  memenuhi kebutuhan air baku sebesar 200 liter/detik di perkotaan dan pedesaan di Kabupaten Kudus. Serta pengendalian banjir dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro sebesar 0,50 MW .

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...