Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Haryanto Peringatkan Perangkat Desa di Pati Tak Main-main dengan PTSL

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto mengingatkan kepada seluruh perangkat desa di Kabupaten Pati agar tidak bermain-main dengan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Pasalnya, selama ini sudah banyak laporan penyalahgunaan yang masuk terkait program tersebut.

“Program PTSL ini sangat baik, karena untuk membantu masyarakat dalam pensertifikatan tanah. Tetapi harus diingat, biaya sebisa mungkin harus ditekan, jangan sampai memberatkan masyarakat,” ungkapnya saat membuka workshop penghitungan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendapa Kabupaten Pati, Kamis (27/12/2018).

Dirinya juga menekankan, terkait pembiayaan, para panitia jangan mengada-ada. Sebab sudah ada peraturan menteri bersama yang menjadi rujukan terkait pembiayaan itu. Menurutnya, pemegang program PTSL ini harus berhati-hari.

“Jangan sok-soan satuannya di bawah. Setiap hari sudah ada yang di laporkan ke Kejaksaan karena program PTSL ini. Bahkan di daerah lain sudah ada yang masuk penjara. Jadi, semuanya harus berhati-hati,” imbuhnya.

Haryanto juga meminta agar para panitia PTSL ini harus melayani masyarakat dengan baik. Apalagi, regulasinya menganut dari pusat. Pengawasannya juga lebih ketat, karena inspektorat juga berkali-kali menanyakan hal tersebut.

“Kalau regulasinya dari daerah, mungkin mekanismenya akan berbeda. Tapi ini dari pusat, harus dikerjakan sebaik mungkin,” tegasnya.

Dirinya berharap, program PTSL ini dapat dilaksanakan dengan baik. Apalagi, sertifikat tanah juga kebutuhan masyarakat dan harus dilayani dengan sebaik mungkin.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...