Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Akomodir Umat Kristiani, Lapas Pati Bangun Gereja

MuriaNewsCom, Pati – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati membangun tempat ibadah berupa gereja untuk warga binaan nasrani. Sebelumnya, pembangunan itu merupakan usul dari warga binaan yang beragama nasrani, sehingga pihak lapas mengakomodir.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Irwan Silais mengatakan, saat ini ada 20 warga binaan yang beragama nasrani. Pada saat natal, mereka melakukan ibadah di ruang pendidikan lapas.

“Karena itulah, kami mengakomodir usulan penghuni lapas dan kemudian membangunkan gereja untuk mereka. Dan sampai saat ini, kami sudah meresmikan dan siap digunakan untuk beribadah,” ungkapnya usai meresmikan gereja di Lapas Pati, Kamis (27/12/2018).

Menurutnya, meskipun ada gereja di dalam lapas, tetapi warga binaan selama ini hidup berdampingan dengan warga muslim. Apalagi, di lapas sendiri ada yang namanya pendidikan ruhani atau pembinaan spiritual bagi masing-masing penghuni lapas.

“Dalam pembangunan gereja ini, kami sama sekali tidak membebani warga binaan. Bahkan para pengurus gereja dari luar lapas, banyak yang membantu pembangunan ini. Ada juga warga lapas yang nasrani dwngan kesadarannya, mereka membantu proses pembangunan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, saat ini di dalam lapas sudah ada dua tempat ibadah, yakni Masjid dan Gereja. Diharapkan, para warga binaan bisa menjaga sikap toleransi dan saling membantu meskipun berbeda agama. Sebab, mereka berada di lapas ini bukan untuk saling bertengkar, tetapi saling menjaga kerukunan.

“Inilah bentuk kerukunan di Lapas, bentuk toleransi yang ada. Sehingga, ketika mereka sudah keluar nanti, pembinaan-pembinaan yang sudah dilakukan di lapas, dapat berguna ketika sudah terjun ke masyarakat,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...