MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bandara Purbalingga Mulai Dibangun, Akhir 2019 Bisa Dilandasi Pesawat

0 884

MuriaNewsCom, Purbalingga – PT Angkasa Pura (AP) II memastikan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) akan segera dilakukan mulai Januari 2019. Hal ini seiring keputusan untuk membuka pangkalan udara yang dioperasikan TNI AU untuk penerbangan umum.

Akhir pekan lalu, tim dari PT AP II telah berkunjung ke Purbalingga dan diterima Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purbalingga, Sridadi mengatakan, dalam kunjungan itu dipaparakan tentang pembangunan fisik bandara yang akan dimulai Januari 2019.

Pembangunan akan dimulai dengan pembangunan kantor proyek. Kegiatan lainnya akan berjalan paralel dan pada akhir Februari 2019 direncanakan sudah dimulai pembangunan sisi darat yakni sarana penunjang bandara.

Selain itu ditargetkan pada kahir 2019, pembangunan tajap I banda sudah bisa selesai, dan sudah bisa dilandasai pesawat terbang.

”Dari pembicaraan antara Pemkab Purbalingga dan AP II, target dari AP II akhir 2019 pembangunan tahap I diharapkan selesai dan bisa mulai operasional,” kata Sridadi.

Baca : 2019 Bandara Jenderal Sudirman Purbalingga Dibuka untuk Penerbangan Umum

Sebagaimana diketahui pembangunan BJBS sebagai bandara komersial telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Purbalingga pada 23 April 2018.

Bandara akan dibangun  dengan landas pacu sepanjang 2.500 meter x 30 meter. Namun, untuk tahap pertama landas pacu akan dibuat sepanjang 1.600 meter x 30 meter.

Data dari Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, dengan luas demikian, bandara mampu melayani pesawat jenis ATR-72. Selain itu, terminal bandara juga akan dibangun seluas 3.000 meter persegi sehingga bisa menampung 300.000 penumpang per tahunnya.

Terbangunnya BJBS menjadi bandara komersil diharapkan menjadi penopang aktivitas ekonomi di Provinsi Jawa Tengah bagian barat dan selatan. Bandara ini diharapkan mampu mendorong perekonomian daerah-daerah di sekitar Purbalingga, yakni Banjarnegara, Kebumen, Purwokerto, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Wonosobo.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.