Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Natal, Napi di Lapas Pati Diperkenankan Temui Keluarga

MuriaNewsCom, Pati – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati memberikan keringanan bagi para nara pidana (napi). Selain ada yang mendapatkan remisi, para napi juga diperkenankan untuk bertemu keluarganya.

Kepala Lapas Pati Irwan Silais mengaku memberikan kesempatan bagi para napi untuk bertemu keluarganya secara lebih lama. Hanya, itu dilakukan di aula lapas.

“Bukan berarti.mereka kami suruh pulang untuk menemui keluarganya, tetapi pihak keluarga yang datang ke lapas untuk menjenguk napi. Tetapi jam kunjungnya kami tambah, yakni mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 13.00 Wib,” ungkapnya, Selasa (25/12/2018).

Penambahan jam itu dinilai sangat efektif bagi keluarga yang hendak menjenguk napi. Mengingat, sebelumnya pihak lapas hanya memberikan waktu 15 menit untuk masing-masing kunjungan.

Karena kesempatan itu, ternyata banyak yang dimanfaatkan oleh keluarga untuk menjenguk napi. Bahkan, ruang jenguk yang biasanya digunakan, kondisinya sudah penuh dengan pengunjung. Sehingga, pihak lapas kemudian mengalihkan di aula.

“Pemberlakuan jam libur natal itu tidak kami khususkan napi yang beragama kristen, tetapi seluruh napi bisa menikmati itu semua. Dengan begitu, mereka bisa melwpas kerinduan kepada keluarga,” imbuhnya.

Menurutnya, pemberlakuan kunjungan hingga pukul 13.00 wib itu, sangat tepat dilakukan meskipun tidak pada hari libur besar. Bahkan dirinya mengaku akan memprogramkan hal tersebut.

“Mungkin bisa diterapkan, misalnya dua bulan sekali atau tiga bulan sekali. Setidaknya mereka bisa berlama dengan keluarga,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...