Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Natal, Delapan Napi Pati Dapat Remisi

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak delapan nara pidana (Napi) lapas kelas II B Pati mendapatkan angin segar lantaran mendapatkan remisi potongan masa tahanan. Diharapkan, remisi tersebut dapat membantu meringankan beban para napi.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Irwan Silais mengatakan, sebelumnya dia mengusulkan remisi potongan masa tahanan kepada 11 napi yang dinilai layak. Tetapi sampai pada hari natal, ternyata baru delapan napi yang mendapatkan remisi itu.

“Untuk tiga napi yang belum mendapatkan remisi, saat ini kami tengah merevisi berkas-berkas yang usulan yang dibutuhkan. Semoga saja sehari dua hari ke depan remisi sudah turun,” ungkapnya, Selasa (25/12/2018).

Menurutnya, permohonan remisi itu berdasarkan pertimbangan dari kelakuan para napi. Apabila selama masa tahanan itu mereka dinilai baik oleh petugas lapas, maka yang bersangkutan masuk dalam kriteria pengusulan remisi. Selain itu, napi yang jangka waktu tahananya sudah lama, juga diusulkan mendapatkan keringanan tersebut.

“Sejak mereka masuk ke lapas memang kami pantau. Semakin baik kelakuan mereka ketika dalam penjara, akan semakin mudah untuk mendapatkan remisi,” imbuhnya.

Namun, bagi napi khusus narkoba yang divonis lebih dari lima tahun, ada syarat tertentu untuk mendapatkan remisi. Menurutnya, apabila masa kurungannya belum ada dua pertiga dalam vonis, tentunya remisi tidak bisa diberikan.

“Jadi memang tidak semua napi bisa mendapatkan remisi. Tetapi kami selalu mengupayakan agar mereka bisa mendapatkan itu. Tentunya sesuai dengan penilaian kelayakan serta syarat yang berlaku,” tandasnya.

Iwan berharap, para napi yang mendapatkan remisi ini bisa terus meningkatkan kadar kebaikannya. Sementara bagi tiga lainnya yang belum turun, diharapkan bisa bersabar lantaran proseanya masih berjalan.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...