MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gegana Dikerahkan Sisir Ancaman Bom di Gereja-gereja Jawa Tengah

0 323

MuriaNewsCom, Semarang – Jajaran Polda Jateng dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2018 melalui Operasi Lilin Candi 2018. Tak hanya personel biasa, pasukan khusus milik Polri yang punya keahlian antiteror dan penjinakan bom juga dikerahkan.

Pasukan yang punya kemampuan teknis tersebut yakni Detasem Gegana yang berada di bawah naungan Satuan Brimob. Untuk mengantisipasi adanya tindakan teror selama perayaan Natal dan Tahun Baru ini, personel Gegana Satbrimob Polda Jateng disebar ke seluruh polres-polres di Jawa Tengah.

Mereka melakukan tugas untuk penyisiran dan seterilisasi gereja-gereja yang akan digunakan untuk peribadatan Natal umat Nasrani.

Pgs Kaden Gegana, Kompol Masqudori menyatakan, personel Gegana telah digeser ke seluruh kabupaten/kota untuk memback-up satuan wilayah dan Unit Composite Gegana di beberapa wilayah Jateng. Pergeseran pasukan telah dilakukan sejak Sabtu (22/12/2018).

“Personel sudah kami sebar ke satuan wilayah (polres-polres). Mereka sudah dibekali kemampuan penjinak bom dan perlawanan teror. Sebelumnya kita adakan pelatihan terpusat dalam hal ini Pra-Operasi Lilin Candi 2018,” katanya, Senin (24/12/2018).

Ia menyatakan, tim Gegana akan membantu melakukan deteksi dan sterilisasi gereja-gereja yang melakukan kebaktian. Pihaknya juga memastikan, seluruh gereja akan mendapatkan perlakuan pengamanan yang sama.

“Nantinya semua gereja akan mendapatkan perlakuan pengamanan yang sama. Setiap personel profesional, terlatih beserta peralatan yang canggih siap memberikan rasa aman dan nyaman dalam setiap kegiatan ibadah,” ujarnya.

Secara umum, menurut dia, Gegana Polda Jawa Tengah mengerahkan pasukannya tak hanya untuk mengamankan perayaan Natal saja, tapi juga berlanjur dalam perayaan malam pergantian tahun. Baik yang ada di Kota Semarang maupun beberapa wilayah di Jateng.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.