Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setahun, Ratusan Musibah Kebakaran Terjadi di Pati

MuriaNewsCom, Pati – Selama kurun waktu satu tahun ini, setidaknya ada 126 peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten Pati. Sebagian besar di antaranya adalah perkebunan disusul kemudian perkampungan warga.

Ikhwal itu dijelaskan oleh Kasi Damkar Pati Bambang Mujiyono, Senin (24/12/2018). Dirinya mengatakan, untuk lahan perkebunan yang paling banyak adalah lahan tebu. Sementara untuk wilayah perkampungan yang paling banyak adalah di Kecamatan Juwana, Batangan dan Winong.

“Ada juga kebakaran belasan kapal di dekat Pulau Seprapat, Juwana dengan kerugian material terbesar selama ini,” ungkapnya.

Dari data yang dihimpun seksi pemadam kebakaran satuan satpol PP Pati, sejak akhir September tahun ini total kerugian akibat kebaran mencapai Rp 15 miliar lebih. Belum lagi di tambah kapal terbakar.

“Untuk satu kapal terbakar, kerugian minimal 3 miliar. Data yang kami peroleh, kerugian terbesar memang dari kebakaran kapal,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga menyoroti terkait kebakaran industri maupun pabrik. Seperti pabrik tapioka di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso ditaksir mencapai 4 miliar.

“Rata-rata penyebabnya adalah konsleting listrik. Bahkan untuk toko Sound sistem di Pati yang sempat terbakar juga karena konsleting listrik,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya masih tetap berupaya menekan angka kebakaran dengan cara bersosialisasi terkait pencegahan dan imbauan untuk menghidari musibah kebakaran.

“Meski armada (mobil pemadam) kami sudah cukup berusia namun sudah terbantu dengan adanya tenaga tambahan sebanyak 8 orang. Khusus untuk perusahaan, kami tekankan agar memiliki alat pemadam lengkap,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...