Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

356 Napi di Jateng Diberi Remisi, 5 Langsung Bebas Saat Natal

MuriaNewsCom, Semarang – Sebanyak 365 narapidana yang tersebar di seluruh lemabaga pemasyarakatan di Provinsi Jawa Tengah mendapatkan pemotongan masa tahanan atau remisi khusus Natal. Dari jumlah itu, lima napi di anataranya bisa langsung bebas pada 25 Desember 2018.

Surat keputusan (SK) remisi khusus Natal ini diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Jawa Tengah Heni Yuwono, mengatakan besaran remisi yang diberikan bervariasi antara 15 hari hingga 2 bulan penjara.

“Semakin lama seorang warga binaan sudah menjalani masa hukumannya, semakin tinggi pula potongan masa hukuman yang diperoleh,” katanya kepada wartawan.

Adapun untuk lembaga pemasyarakatan yang warga binaannya paling banyak memperoleh remisi yakni Lapas Kelas I Kedungpane Semarang. Sebanyak 45 napi Lapas Kedungpane memperoleh remisi di mana satu napi di antaranya akan langsung bebas.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memperpengurangan masa hukuman.

Selain sudah menjalani minimal 6 bulan masa hukuman, kata dia, napi juga harua berkelakuan baik, tidak pernah melakukan pelanggaran, serta mengikuti program pembinaan yang telah ditentukan.

Ia menambahkam pemberian remisi sendiri merupakan bentuk penghargaan bagi warga binaan atas berbagai hal positif yang dilakukannya selama menjalani hukuman.

“Remisi juga merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan lapas dalam melakukan pembinaan,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...