Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Operasi Lilin Candi Dimulai, Ini Kekuatan Polri dan TNI yang Dikerahkan

0 449

MuriaNewsCom, Semarang – Operasi Lilin Candi 2018 untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 dimulai Jumat (21/22/2018) hari ini. Operasi ini ditandai dengan gelar pasukan yang melibatkan unsur Polri, TNI dan instansi lainnya.

Gelar pasukan yan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang ini dipimpin Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Hadir juga Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Ganjar Pranowo dalam upacara itu menyatakan, para musim libur Natal dan Tahun Baru beberapa potensi kejahatan harus diminimalisir.

“Peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya” kata Ganjar.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Kapolda Jateng Irejen Pol Condro Kirono mengecek pasukan

Selain masalah kejahatan, masalah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas juga tetap harus diwaspadai. Meskipun jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya telah dibuka. Sehingga potensi kemacetan cenderung berkurang dibanding sebelumnya.

“Kondisi ini jangan membuat kita lengah, untuk itu lakukan monitoring dan pengamanan pada titik rawan kemacetan dan kecelakaan yang telah dipetakan, serta laksanakan manajemen dan rekayasa arus lalu lintas yang tepat,” pungkasnya.

Dalam gelar pasukan itu, beberapa unsur yang dilibatkan yakni jajaran Polrestabes Semarang, Satgas TNI, Satgas Turbinjali, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Lidik Sidik, Satgas Bantuan dan Satgas Instansi Samping.

Tujuan dari apel ini tidak lain adalah mengecek kesiapan petugas juga perlengkapan serta peralatan yang akan digunakan untuk pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 ini.

Ikut andil pula Satbrimob Polda Jawa Tengah dalam mengerahkan pasukan khususnya yakni Detasemen Gegana. Dalam apel ini, Detasemen Gegana melibatkan 2 tim Wanteror dan 2 tim Jibom. Kendaraan taktis seperti Barracuda, APC Wolf, dan EOD-Elf juga diturunkan.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.