Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Modin di Pati Diajari Cara Pemulasaran Jenazah ODHA 

MuriaNewsCom, Pati – Kasus penolakan jenazah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) masih banyak terjadi di masyarakat.  Minimnya pengetahuan masyarakat membuat mereka tidak berani untuk melakukan pemulasaran jenazah bagi penderita HIV. Padahal, bagi Modin atau Kaur Kesra seharusnya mengetahui tata cara pemulasaran tersebut.

Karena hal itulah, Kementerian Agama (Kemenag) Pati melakukan pelatihan kepada para modin terkait pemulasaran jenazah ODHA. hal itu agar mereka bisa menangani apabila sewaktu-waktu di masyarakat ada jenazah dengan penderita virus menular tersebut.

Kepala Kemenag Pati Imron mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar bisa merumuskan prosesur standar operasional (SOP) pemulasaran jenazah ODHA dan penderita infeksi yang lebih simpel. Menurutnya, sebelumnya juga sudah ada SOP tersendiri dari Rumah Sakit, tetapi hal itu dinilai memberatkan, sehingga perlu yang lebih ringan.

“Modin atau kaur kesra ini kan memang yang bersinggungan langsung dengan jenazah, baik yang ODHA maupun tidak. Sehingga, kami mengajak mereka untuk belajar bersama terkait pemulasaran jenazah, terutama ODHA,” ungkapnya, Kamis (20/12/2018).

Lebib lanjut, memang ada perbedaan untuk pemulasaran jenazah ODHA. Selain berbagai alat pelindung diri yang harus dipersiapkan, seperti masker, sarung tangan, sepatu boot dan penutup kepala. Hal lainnya adalah limbah air dari pemulasaran itu sendiri, harus di tampung dan tidak boleh dibiarkan tercecer kemana-mana.

“Air bekas pemandian itu nanti harus ditampung dan di benamkan. Sementara peralatan itu, setelah selesai harus dicuci menggunakan klorin,” imbuhnya.

Dirinya berharap, masyarakat tidak perlu takut dengan jenazah ataupun penderita ODHA. Sebab, mereka juga butuh sosialisasi,butuh semanagat dari orang lain dan butuh diperhatikan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...