Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2018, 870 Istri di Kudus Gugat Cerai Suaminya

0 3.300

MuriaNewsCom, Kudus – Kasus  perceraian di Kabupaten Kudus hingga medio Desember ini sudah mencapai 1.169 kasus. Rincian dari kasus tersebut adalah 299 kasus cerai talak dan 870 kasus  cerai gugat.

Dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, kasus perceraian di Kudus pada tahun ini tergolong meningkat. Pada tahun 2017 sendiri ada sebanyak 1074 kasus perceraian dengan rincian 300 kasus cerai talak dan 774 kasus cerai gugatan.

Cerai talak sendiri merupakan cerai yang diajukan oleh pihak laki-laki. Sedangkan cerai gugat merupakan kasus cerai yang diajukan oleh pihak wanita.

Panitera Pengadilan Agama Kudus, Setya Adi Winarko mengatakan penyebab meningkatnya kasus perceraian tahun ini dikarenakan karena mulai banyaknya pihak wanita yang sudah semakin sadar dengan hak-haknya. Mereka menggugat pihak suami karena merasa dirugikan dengan berbagai alasan.

“Ada yang karena KDRT, karena merasa nafkahnya kurang, mereka semakin sadar akan hak-haknya, naiknya bisa dilihat dari jumlah kasus gugatan,” ucapnya.

Setya menambahkan, selain karena meningkatnya kesadaran wanita akan haknya, faktor-faktor klasik seperti kondisi ekonomi, perselingkuhan, serta masalah-masalah kecil dalam rumah tangga yang akhirnya jadi besar juga jadi penyebabnya.

“Hal yang juga berpengaruh seperti kemajuan teknologi juga bisa menimbulkan adanya orang ketiga,” tambahnya.

Dengan adanya kenaikan jumlah perceraian ini, Setya mengimbau kepada seluruh pasangan suami istri yang ada di Kudus jika ada masalah sebaiknya dikomunikasikan terlebih dahulu, saling memahami satu sama lain serta tidak gegabah dalam mengambil tindakan.

“Nikah itukan berdua jadi satu, jadi saling memahami satu sama lain itu perlu supaya kalau ada masalah bisa diselesaikan secara baik-baik,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.