Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Revisi RTRW: Lahan Pertanian di Kudus Berkurang 4.924 Hektare

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan konsultasi publik di hotel @home, Rabu (19/12/2018). Kegiatan itu membahas tentang revisi tata ruang pekerjaan dalam penyusunan materi teknis Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus.

Konsultan dari CV ASCA Ali Fauzi dalam konsultasi publik itu mengatakan revisi RTRW akan merubah sejumlah luas lahan Kabupaten Kudus. Pada Perda RTRW Nomor 12 Tahun 2012 itu, lahan pertanian di Kabupaten Kudus seluas 25.334 hektare. Selanjutnya pada rencana revisi akan berubah menjadi 20.410 hektare atau berkurang 4.924 hektare.

“Artinya lahan pertanian di kawasan tanaman pangan dan kawasan peternakan akan berkurang,” jelasnya, Rabu (19/12/2018).

Ia mengatakan, kawasan tersebut terbagi menjadi dua wilayah. Yakni kawasan tanaman pangan yang berupa lahan pertanian lahan basah dan lahan kering yang tersebar di masing-masing wilayah di Kecamatan.

“Sedangkan untuk kawasan peternakan ditetapkan di Kecamatan Dawe, Gebog, Jekulo, Kaliwungu, Mejobo, dan Undaan,” ungkapnya.

Selanjutnya, lahan yang diperuntuhkan untuk kepentingan industri akan mengalami penambahan. Apabila pada Perda RTRW 12/2012 lahan peruntukan industri hanya seluas 1.132 hektare. Maka pada rencana revisi berubah menjadi seluas 2.123,70 hektare.

“Semua lahan yang diperuntukkan kepentingan industri itu sebagian besar memang berada di jalur strategis. Misalnya saja di jalur Pantura Jekulo. Atau di sepanjang jalur lingkar,” lanjutnya.

Kepala Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kudus, Heriyanto mengatakan, di dalam rencana revisi juga terdapat perubahan luasan lahan eksisting. Dari yang semula 42.516 hektare menjadi 44.921 hektare.

“Memang kalau ditinjau dari tujuannya, penataan ruang Kabupaten Kudus bertujuan mewujudkan ruang yang berkualitas berbasis industri dan perdagangan didukung pertanian, pariwisata, dan sumber daya alam berkelanjutan,” tambahnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...