Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bendungan Logung Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Bendungan Logung yang terletak di perbatasan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas Kecamatan Dawe bakal menjadi potensi wisata baru di Kabupaten Kudus.  Wisatawan bisa menikmati wisata berupa bendungan dan menikmati keindahan alam dari kawasan bendungan tersebut.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hari Suprayogi mengatakan, Bendungan Logung memiliki potensi wisata yang cukup bagus. Apalagi di Bendungan Logung terdapat kawasan lingkungan yang indah.

“Untuk pariwisata ini cukup bagus, karena di bendungan wisata menyajikan lingkungan. Tinggal pemda maunya seperti apa,” jelasnya selepas membuka acara pengisian awal Bendungan Logung pada Selasa (18/12/2018).

Ia mengatakan,  terkait pariwisata bisa dikelola oleh pemerintah daerah. Dengan begitu, konsep wisata yang dikehendaki oleh pemerintah daerah menjadi kewenangan pemkab.

“Untuk kewenangan pengelolaanya, kalau OP (operasionalnya)  masih pusat, namun untuk pariwisatanya bisa dikelola oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Bupati Kudus HM Tamzil menjelaskan nantinya pemkab berencana akan menjadikan bendungan wisata sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kudus. Rencananya pembangunan pariwisata tersebut akan dimulai pada awal tahun 2019 mendatang.

“Tahun 2019 sudah mulai bangun. Dananya sudah siap. Kami menyiapkan dana Rp 21 miliar untuk pembangunan wisata bendungan logung,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Ruhban Ruzziyatno mengatakan, Bendungan Logung juga memiliki manfaat sebagai sarana wisata sebagai bentuk ekonomi kerakyatan tersendiri.  Hanya saja, pemkab diharapkan nantinya tetap memperhatikan prinsip hidrologi dan konservasi dari hulu ke hilir.

“Panorama yang tersaji di sekeliling bendungan membuatnya memiliki keistimewaan dibanding dengan bendungan lain adalah panorama Gunung Muria menjadi daya tarik tersendiri,” tambahanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...