Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Grobogan Serahkan Ratusan Bantuan Alat Bantu bagi Penyandang Disabilitas 

MuriaNewsCom, GroboganRatusan penyandang disabilitas dari berbagai kecamatan mendapat bantuan beragam alat bantu dari Pemkab Grobogan, Selasa (18/12/2018). Alat bantu yang dibagikan terdiri dari 40 kursi roda. Sisanya, berupakaki palsu, tangan palsu, kruk, wolker, alat bantu dengar, tongkat putih dan krenceng. Bantuan sebanyak 100 unit alat bantu ini anggarannya berasal dari perubahan APBD Grobogan 2018.

Selain itu, ada juga bantuan dari Pusat Pengembangan Rehabilitasi Sosial Bersumberdaya Masyarakat Surakarta. Yakni, 12 buah kursi roda yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni di gedung Riptaloka. Hadir pula, sejumlah perwakilan FKPD, Kepala Dinsos Grobogan Andung Sutiyoso dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Bupati Sri Sumarni menyatakan, dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, diperlukan aksi-aksi yang nyata oleh pemerintah dan segenap komponen masyarakat. Hal ini terkait banyaknya jumlah penyandang disabilitas saat ini yang mencapai 9.275 orang.

Oleh sebab itu, ia mengajak dan mengimbau kepada segenap komponen masyakat, lembaga dan dunia usaha untuk bersama-sama melakukan keberpihakan yang dapat direalisasikan dengan menjalankan program-program yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap penyandang disabilitas.

Sri juga meminta agar dinas terkait membuat pendataan jumlah penyandang disabilitas yang ada diwilayahnya. Hal itu diperlukan agar Pemkab bisa membuatkan program, khususnya bantuan peralatan pada penyandang disabilitas tersebut.

“Kami berharap dinas terkait dibantu camat dan kades bisa membuat database penyandang disabilitas se-kabupaten. Kalau punya data yang lengkap akan memudahkan dan membantu ketika membikin program untuk mereka,” tegas Sri usai menyerahkanbantuan.

Selain melakukan pendaataan, dinas terkait juga diminta lebih aktif menjalin komunikasi dan koordinasi dengan yayasan sosial di berbagai daerah. Sebab, seringkali yayasan tersebut punya berbagai program dan bantuan bagi penyandang disabilitas.

“Sebelumnya, ada bantuan bagi penyandang disabilitas yang berasal dari yayasan sosial. Inilah salah satu manfaat menjalin komunikasi dan koordinasi dengan yayasan sosial tersebut,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...