Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lapor ke Panwascam, Pendukung Mustamar Calon Kades Tegalharjo Pati Minta Pemilihan Ulang

MuriaNewsCom, Pati – Diduga ada indikasi kecurangan dalam pelaksanaan pilkades serentak di Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil, para pendukung calon nomor urut satu, Mustamar melaporkan indikasi tersebut ke Panwascam setempat, Selasa (18/12/2018). Mereka meminta agar diadakan pemilihan ulang lantaran pemilihan sebelumnya dinilai tidak sah.

Kuasa Hukum Mustamar, Numerodi Gulo usai melaporkan indikasi kecurangan kepada Panwascam mengatakan, laporan tersebut pertama memang menuntut agar diadakan pemilihan ulang. Sebab, pilkades yang berlangsung pada 15 Desember kemarin, dinilai penuh dengan kecurangan.

“Indikasi kecurangan itu sudah dilakukan sejak awal. Yang terlihat janggal adalah pada saat pelipatan surat suara yang berada di rumah ketua panitia. Itu kan sangat tidak dibenarkan,” ungkapnya.

“Selain itu tidak ada berita acara yang dilakukan oleh panitia. Intinya, proses sejak awal memang sudah janggal,” imbuhnya.

Baca Juga:

Dirinya melanjutkan, indikasi kecurangan yang paling besar adalah pada saat penghitungan suara. Pada bilik satu, jumlah undangan tertera ada sebanyak 882 undangan. Tetapi ketika dilakukan penghitungan suara, justru surat suaranya menjadi 891 atau bertambah 9 dari undangan yang diberikan.

“Ini sangat fatal sekali. 9 suara itu dari mana? Apakah itu surat suara dari setan,” tegasnya.

Dirinya berharap pihak panwascam menindaklanjuti dugaan tersebut. Apalagi ada banyak dugaan kecurangan yang dilakukan oleh pihak panitia.

Sementara itu, ketua panitia pilkades desa Tegalharjo saat disambangi awak media ke rumahnya belum bisa diklarifikasi. Pihak keluarga mengaku yang bersangkutan tidak ada di rumah.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...