Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Transparan dan Kedap Air, KPU Demonstrasikan Kotak Suara di Makodim 0722/Kudus

0 447

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melakukan demonstrasi kotak suara di Makodim 0722/Kudus, Senin (17/12/2018). KPU Kudus membuktikan bahwa kotak suara tersebut tidak mudah jebol. Apalagi, kotak suara itu diklaim transparan dan kedap dengan air.

Dari pantauan MuriaNewsCom kotak suara yang ukurannya 40x40x60 itu diuji oleh anggota KPU Kudus dan Dandim 0722/Kudus. Mulai dari diduduki hingga naik ke atas kotak suara yang terbuat dari karton jenis duplex tersebut.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan kotak suara yang terbuat dari karton ini memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya lebih ringan, transparan, dan kedap dari air.

“Dari segi keamanan lebih pada bagaimana kemanannya sendiri. Yang jelas kotak suara ini memiliki keunggulan sendiri dibanding sebelumnya,” jelasnya, Senin (17/12018).

Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Purnomo menduduki kotak suara yang akan digunakan dalam pemilu 2019. (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Ia mengatakan, kotak suara dari karton jenis duplex ini adalah amanat dari undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017 tentang membuat kotak suara lebih transparan. Secara spesifik aturan ini tercantum pada pasal 341 ayat (1) huruf a, yang berbunyi ‘Perlengkapan kotak suara untuk pemungutan suara harus bersifat transparan, yang bermakna isi kotak suara harus terlihat dari luar’.

Kemudian hal tersebut diatur secara rinci pada PKPU nomor 15 tahun 2018 yang menyebutkan bahwa kotak suara terbuat dari karton kedap air yang salah satu sisinya transparan.

“Untuk beban sendiri maksimal 80 kg. Sedangkan nantinya jika sudah ada surat suara masing-masing kota muat dengan beban 10-15 kg,” jelasnya.

Untuk jumlah kotak suara di KPU Kudus ada sebanyak 15.345 kotak suara. Kotak suara itu akan dibagikan di setiap TPS lima kotak suara, PKK 11 kotak suara, dan di KPU ada satu kotak suara.

Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Purnomo mengatakan kotak suara terbuat dari karton jenis duplex tersebut sudah dirancang sebagaimana diamanatkan undang-undang. Untuk itu, ia tidak perlu meragukan kelayakan kotak suara tersebut.

“Kita tidak perlu untuk meragukan kotak suara. Intinya apa yang dibuat mampu menahan beban 80 kg sedangkan berat kertas 10-15 kg. Sehingga kemungkinan jebol itu kecil,” papar dia.

Ia mengatakan, bahwa kotak suara ini adalah untuk memindahkan surat suara dari bilik suara ke penampungan. Selain itu saat pemindahan sudah ada keamanannya. Ia pun menyebutkan, pihak TNI siap untuk melakukan pengamanan.

“Nantinya kami akan mengerahkan sekitar 500 personel untuk melakukan pengamanan pemilu di Kudus. Kami selaku keamanan sekali lagi sudah siap,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.