Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Kanker Payudara, Sahabat Lestari Kampanyekan Sadari

MuriaNewsCom, Kudus – Kanker payudara tercatat sebagai faktor penyebab kematian tertinggi bagi kaum wanita. Jutaan perempuan telah meninggal akibat penyakit ini.

Kondisi ini menggerakkan sejumlah pihak untuk berupaya mencegah penyakit yang menyengsarakan kaum perempuan tersebut. Seperti yang dilakukan komunitas Sahabat Lestari yang menggencarkan kampanyare ’Sadari’ (Periksa Payudara Sendiri).

Bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indopnesia (YKPI) dan Millenial Goes Pink (MGP), Sahabat Lestari menggelar Training for Trainer (ToT) Ibu Sadari di Hotel Griphta Kudus. Kegiatan ini diikuti ratusan perempuan dari Demak, Kudus dan Jepara.

Lestari Moerdijat, Pembina komunitas Sahabat Lestari menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan melatih para perempuan untuk melakukan deteksi dini secara mandiri terhadap gejala kanker payudara. Selain itu, juga bisa melatih orang di lingkungan sekitarnya dalam melakukan Sadari.

”Karena mayoritas kanker payudara baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium lanjut, sehingga tidak mudah disembuhkan,” katanya Minggu (16/12/2018).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dr Herdina Sabrida dari Yayasan YKPI dengan dibantu oleh Ibu Padmi. Lebih dari 100 peserta hadir dari Kabupaten Demak, Kudus dan Jepara.

Sebagian besar peserta adalah penderita dan survivor kanker payudara terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Bahkan banyak juga dari generasi milenial yang ikut.

Selain pengetahuan mengenai Sadari, peserta juga diajak praktik dan memperagakan secara langsung Gerakan Sadari yang dipandu YKPI.

”Lakukan gerakan Sadari rutin setiap bulan untuk mendeteksi munculnya kanker. Selain itu jaga pola hidup yang sehat. Ini semua untuk memperkecil risiko terkena kanker payudara. Bahkan jika ada yang terkena pun akan lebih mudah disembuhkan karena telah terdeteksi lebih awal,” ujar dr Herdina.

Maria Ulfa, peserta dari Kudus sangat menyambut baik kegiatan ini. Menurut dia, pelatihan deteksi dini kanker sangat penting bagi wanita.

“Karena kami sebenarnya sering was was terkena kanker payudara, akan tetapi kurang mempunyai pengetahuan bagaimana menghadapi dan melakukan deteksi dini. Setelah pelatihan ini kami siap bekerja sama dengan Sahabat Lestari untuk melakukan Sadari di lingkungan kami.” Ujar Maria Ulfa.

Pelatihan ini direncanakan akan dilakukan secara berkala oleh Sahabat Lestari dengan jangkauan yang lebih luas. Sehingga banyak penderita kanker payudara yang terdeteksi lebih dini. sehingga diharapkan bisa mempermudah penyembuhan dan sekaligus memperpanjang harapan hidup penderita.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan tiga unit ambulans yang bisa digunakan secara umum selama 24 jam untuk masyarakat di Demak, Jepara dan Kudus.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...